Pengaruh model pembelajaran problem based instruction (PBI) terhadap hasil belajar siswa pada materi sel

Fauziah, Fauziah (2015) Pengaruh model pembelajaran problem based instruction (PBI) terhadap hasil belajar siswa pada materi sel. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1.cover.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2.ABSTRAK.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3.DAFTAR ISI.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4.BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB III)
6.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text (BAB IV)
7.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
8.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9.DAFTAR PUSTAKA BAB 1-3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)

Abstract

Dilatar belakangi dari observasi awal yang dilakukan di MA Ma’arif bahwa keaktifan siswa dalam proses belajar masih kurang. Hal tersebut karena pembelajaran yang dilakukan masih menggunakan metode konvensional, dan pembelajaran cenderung berpusat pada guru, salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa yaitu dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap hasil belajar siswa pada materi sel di MA Ma’arif Cikelet. Berdasarkan kajian teori hipotesisnya adalah model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Quasi Eksperiment. Populasi adalah seluruh siswa kelas XI IPA-1 dan XI IPA-2 yang masing-masing berjumlah 33 orang pada kelas eksperimen dan 33 orang pada kelas kontrol dan menggunakan teknik sample purposive sampling. Pengumpulan analisis data dalam penelitian yaitu diperoleh dari lembar observasi dan tes. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini antara lain: keterlaksanaan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) berkategori baik sekali dengan rata-rata keterlaksanaan 100% dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) diperoleh rata-rata nilai tes awal (pretest) sebesar 29,09, tes akhir (posttest) sebesar 71,82, dan N-Gain sebesar 0.60 dengan kategori sedang. Sedangkan pada kelas yang tanpa menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) memperoleh nilai rata-rata tes awal (pretest) sebesar 26,67, tes akhir (posttest) sebesar 54,39, dan N-Gain sebesar 0.38 dengan kategori rendah. Hasil uji – t (t-test) dan N-Gain pada kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah t_hitung 7,32 >t_tabel 1,66 pada taraf signifikansi 0,05 (5%), dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut menunjukan adanya pengaruh penggunaan model Problem Based Intruction (PBI) terhadap hasil belajar siswa pada materi sel. Dan setelah dilakukan pengolahan data dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi sel dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Intruction (PBI). Dengan demikian model pembelajaran Problem Based Intruction (PBI) dapat dijadikan salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI MA Ma’arif Cikelet.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: problem based instruction; PBI; sel
Subjects: Physiology > Cell Biologi, Cytology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 27 Sep 2018 02:04
Last Modified: 27 Sep 2018 02:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/13534

Actions (login required)

View Item View Item