Upaya meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui permainan bahasa bisikan berantai pada pembelajaran tematik: penelitiian tindakan kelas di kelas II MI Qurrota A'yuni Rancaekek

Rahim, Rabbaniah Anna (2018) Upaya meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui permainan bahasa bisikan berantai pada pembelajaran tematik: penelitiian tindakan kelas di kelas II MI Qurrota A'yuni Rancaekek. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (381kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil study pendahuluan ditemukan masalah pada pembelajaran tematik di MI Qurrota A’yuni Rancaekek bahwa dalam proses pembelajaran masih menggunakan metode yang kurang menarik, ialah masih menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan media yang digunakannya hanya buku paket saja. Masalah yang ditemukan pada saat pembelajaran ialah tidak menggunakan metode pembelajaran, sehingga dalam proses pembelajaran siswa merasa bosan, kurang antusias, pembelajaran menjadi monoton dan tidak menyenangkan. Aktivitas belajar siswa juga terlihat pasif, hal tersebut bisa dilihat dengan adanya siswa yang masih mengobrol dengan temannya, siswa masih berjalan-jalan dikelas, rebut, tidak ada yang bertanya bahkan tidak memperhatikan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran proses pembelajaran dan aktivitas belajar siswa sebelum dan setelah penerapan metode permainan bahasa bisikan berantai pada pembelajaran tematik di kelas II MI Qurrota A’yuni Rancaekek. Penelitian ini menggunakan metode Permainan Bahasa Bisikan Berantai yang berasumsi pada kerangka pemikiran dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran Tematik karena metode ini menuntut peserta didik untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Peserta didik melakukan suatu keterampilan secara berkelomok didepan kelas. Metode penelitian yang digunakan ialah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari empat tahap secara berulang, ialah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui instrument lembar observasi aktivitas. Subjek penelitiannya ialah siswa kelas II MI Qurrota A’yuni Rancaekek dengan jumlah siswa 14 orang, terdiri dari 6 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata persentase aktivitas belajar siswa sebelum menggunakan metode permainan bahasa bisikan berantai hanya mencapai 44% dengan kategori kurang aktif. Proses pembelajaran setelah penerapan metode Permainan Bahasa Bisikan Berantai aktivitas belajar siswa dan aktivitas guru mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Aktivitas belajar siswa pada siklus I ialah 65,07 % dengan kategori cukup aktif, sedangkan pada siklus II aktivitas siswa dengan rata-rata persentase 85,28% dengan kategori sangat aktif. Rata-rata aktivitas guru pada siklus I ialah 82,5% dengan kategori sangat aktif, sedangkan pada siklus II ialah 95% dengan kategori sangat aktif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode permainan bahasa bisikan berantai dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran tematik tema kebersamaan dengan materi dongeng fabel dikelas II MI Qurrota A’yuni Rancaekek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: metode permainan bahasa bisikan berantai; pembelajaran tematik; aktivitas belajar siswa
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Elementary Education > Elementary School
Elementary Education > Other Studies for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Anna Rabbaniah Rahim
Date Deposited: 12 Sep 2018 08:57
Last Modified: 12 Sep 2018 08:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/13540

Actions (login required)

View Item View Item