Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Pendidikan Biologi Dalam Memahami Pohon Filogenetika

Sa'adah, Sumiyati and Hidayat, Topik and Sudargo, Fransisca (2015) Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Pendidikan Biologi Dalam Memahami Pohon Filogenetika. In: Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi 2015. Fakultas Sains dan Teknologi UIN SGD Bandung, Bandung, pp. 336-342. ISBN 978-602-14960-1-5

[img]
Preview
Text
Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Pendidikan Biologi Dalam.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pohon filogenetika merupakan diagram yang menunjukkan struktur pengetahuan tentang keanekaragaman hayati dan mewakili hubungan evolusioner antara taksa. Kemampuan untuk memahami dan menalar pohon filogenetika, merupakan keterampilan penting bagi mahasiswa biologi. Selama ini mahasiswa sering tidak diajarkan bagaimana menalar hubungan kekerabatan yang digambarkan dalam diagram. Mahasiswa juga tidak dilengkapi dengan informasi mengenai teori dan proses yang mendasari filogenetika, sehingga tidak mengherankan banyak terjadi kesalahpahaman mahasiswa biologi di perguruan tinggi dalam memahami pohon filogenetika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi miskonsepsi mahasiswa pendidikan biologi dalam memahami dan menalar pohon filogenetika. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes diagnostik pilihan ganda yang disertai dengan CRI (Certainty of Response Index), terhadap 42 orang mahamahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 42 orang mahasiswa, 39 (93%) orang mahasiswa menunjukkan kecenderungan mengalami miskonsepsi. Hal ini berarti hampir selalu ada mahasiswa yang mengalami miskonsepsi pada setiap soal yang diberikan. Mahasiswa mengalami miskonsepsi hampir pada setiap indikator memahami dan menalar pohon filogenetika (cladistik thinking/tree thinking). Miskonsepsi tertinggi terjadi pada indikator mengevaluasi hubungan kekerabatan antartaksa dengan membandingkan dua tipe pohon filogenetika yang berbeda sebanyak 47, 6% diikuti dengan miskonsepsi pada indikator memahami konsep clade untuk subindikator menghitung jumlah clade sebanyak 45,1%.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Miskonsepsi, CRI (Certainty of Response Index), pohon filogenetika
Subjects: Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Dr Sumiyati Sa'adah
Date Deposited: 12 Sep 2018 09:01
Last Modified: 12 Sep 2018 09:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/13558

Actions (login required)

View Item View Item