Strategi Perubahan Stasiun TV PJTV Bandung Menjadi Sunda Kiwari TV dalam Upaya Membangun Bisnis Media

Alami, Artie Raini (2018) Strategi Perubahan Stasiun TV PJTV Bandung Menjadi Sunda Kiwari TV dalam Upaya Membangun Bisnis Media. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (588kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (780kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (839kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy

Abstract

Dalam persaingan industri media terdapat beberapa strategi yang digunakan demi eksistensi atau kelangsungan hidup media tersebut. Salah satu strategi yang sedang tren digunakan oleh media ialah membuat tv berjaringan dan melakukan perubahan identitas. Sunda Kiwari TV (SKTV) adalah stasiun tv lokal yang berada dibawah naungan Jawapos Grup yang telah mengalami perubahan dari identitas terdahulunya yaitu PJTV. Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan mengenai kebijakan manajemen yang mendorong terjadinya perubahan SKTV, mengenai proses perubahan PJTV Bandung menjadi SKTV dan mengenai strategi bisnis yang digunakan SKTV dalam perubahan identitasnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif, subjek penelitian ini adalah manajer dan holding SKTV, sedangkan objek penelitian ini adalah perubahan identitas perusahaan. Informan dipilih secara purposive, data diperoleh dari hasil wawancara dengan Direktur Utama SKTV, dokumentasi mengenai perubahan PJTV Bandung menjadi SKTV dan observasi langsung peneliti. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu teori ekologi media yang digagas Dimmick dan Rotenbuhler. Teori ini berasumsi bahwa untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya media membutuhkan sumber penunjang hidup yang terdiri dari isi media, jenis khalayak sasaran dan modal. Dari hasil penelitian diketahui bahwa, pertama, perubahan ini didorong karena kebijakan dari manajemen sebagai sebuah strategi bisnis untuk melakukan penguatan stasiun televisi yang berada dibawah naungan Jawapos Grup. Terdapat lima bagian manajemen pada SKTV yang mendorong terjadinya perubahan, yaitu manajemen produksi & programming, manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajemen informasi dan manajemen sumber daya manusia yang saling berkaitan satu sama lainnya. Kedua, perubahan yang terjadi terdiri dari perubahan nama perusahaan, perubahan logo, perubahan program unggulan, perubahan jumlah jam tayang dan perubahan area jangkauan siaran. Ketiga, strategi yang dilakukan SKTV dalam perubahan ini adalah menjadi tv berjaringan dan lebih berorientasi pada kultur Sunda dalam program unggulannya sehingga dapat lebih mudah diterima oleh masyarakat khususnya yang berada di wilayah Jawa Barat. ABSTRACT This research was conducted to explain the management policies that led to changes in SKTV, regarding the process of changing PJTV Bandung to SKTV and the business strategies used by SKTV in changing their identity. This study uses a qualitative approach with qualitative descriptive methods. From the results of the study it is known that, first, this change was driven because the policy of management as a business strategy to strengthen the television stations under the auspices of the Jawapos Group. There are five management sections on SKTV that encourage change, namely production & programming management, marketing management, financial management, information management and human resource management that are interrelated. Second, changes that occur consist of changes in company names, logo changes, flagship program changes, changes in broadcast hours and changes in broadcast coverage area. Third, the strategy carried out by SKTV in this change is to become a networked TV and be more oriented to Sundanese culture in its flagship program so that it can be more easily accepted by the community, especially those in the West Java region.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Perubahan; Stasiun TV; Bisnis Media
Subjects: Change
Communications Telemunications
Communications Telemunications > Television Broadcasting
Business
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Artie Raini Alami
Date Deposited: 14 Sep 2018 08:47
Last Modified: 14 Sep 2018 08:47
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/13592

Actions (login required)

View Item View Item