Hasna, Septi Fauziah (2018) Bimbingan keagamaan dalam pendidikana karakter: Studi deskriptif di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sukawening. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (643kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (522kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (778kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustakla.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan karakter saat ini telah menjadi topik pembahasan di kalangan para pendidik. Pendidikan karakter telah diyakini sebagai aspek penting dalam membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas yang akan memajukan kehidupan bangsa. SMP Negeri 1 Sukawening merupakan contoh lembaga pendidikan yang mengoptimalkan fungsi sekolah menjadi tempat belajar dan pembentukan karakter melalui bimbingan keagamaan yang diusahakan dalam pengadaan beberapa program bimbingan keagamaan di sekolah sebagai pembentukan karakter terhadap peserta didik. Tujuan khusus dari penelitian ini untuk mengetahui keberhasilan SMP Negeri 1 sukawening dalam pelaksanaan pendidikan karakter. Tujuan umum dari penelitian ini yaitu 1) mengetahui pelaksanaan bimbingan keagamaan dalam pendidikan karakter di SMPN 1 Sukawening, 2) mengetahui karakter siswa yang diharapkan di SMPN 1 Sukawening, 3) mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan bimbingan keagamaan dalam pendidikan karakter. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah teori behavioral dari Paplov. Behavioral mempelajari bahwa prilaku manusia merupaka hasil belajar, sehingga prilaku seseorang dapat diubah dengan memanipulasi dan mengkreasi kondisi-kondisi. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Metode ini dipilih karena penelitian ini dilakukan untuk mengungkap keunikan bimbingan keagamaan yang dilakukan di SMPN 1 Sukawening. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Pelaksanaan bimbingan keagamaan dalam pendidikan karakter menggunakan pembiasaan dan keteladanan dengan kegiatan harian, mingguan, dan bulanan. 2) Nilai-nilai karakter peserta didik yang menjadi harapan SMP Negeri 1 Sukawening yaitu religius, hormat, santun, jujur, tanggung jawab, disiplin, mandiri, toleransi, cinta damai, persatuan, mencintai ilmu, kreatif, dan percaya diri. 3) Faktor pendukung pelaksanaan bimbingan keagamaan dalam pendidikan karakter di SMP Negeri 1 sukawening yaitu adanya fasilitas yang memadai, koordinasi yang baik antara kepala sekolah dengan guru-guru. Sedangkan faktor penghambatnya ialah dari peserta didik sendiri yaitu peserta didik yang sulit dikondisikan. Dengan adanya program bimbingan keagamaan memberikan dampak yang positif terhadap kedisiplinan, kekreatifan, kesopanan, hormat, santun, dan kepercayaan diri terhadap siswa di SMP Negeri 1 Sukawening.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan karakter; Bimbingan Keagamaan; Sekolah Menengah Pertama (SMP). |
Subjects: | Differential and Developmental Psychology > Character Development Education > Ethical Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Religious Schools Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Hasna Septi Fauziah |
Date Deposited: | 14 Sep 2018 09:21 |
Last Modified: | 14 Sep 2018 09:21 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/13616 |
Actions (login required)
View Item |