Tanggapan siswa terhadap penerapan metode demonstrasi hubungannya dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran IPA: penelitian di kelas V MI Raudlatul Muta’alimin Jatinangor Sumedang

Fadillah, Rini Pebriani (2013) Tanggapan siswa terhadap penerapan metode demonstrasi hubungannya dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran IPA: penelitian di kelas V MI Raudlatul Muta’alimin Jatinangor Sumedang. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI.

[img]
Preview
Text (COVER)
01 COVER RINI.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02.ABSTRAK RINI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
03.DAFTAR ISI RINI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
04.BAB I RINI.pdf

Download (445kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
05.BAB II RINI 18 2013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text (BAB III)
06.BAB III payudi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text (BAB IV)
07.BAB IV RINI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08.DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari fenomena yang ditemukan di kelas V MI Raudlatul Muta’alimin Jatinangor Sumedang, bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi ditanggapi secara positif oleh siswa. Hal ini dapat dilihat dengan adanya antusias siswa ketika mengikuti pembelajaran. Tetapi di sisi lain diperoleh informasi bahwa nilai rata-rata dari 48 orang siswa pada pata pelajaran IPA hanya 5,5 dan ini termasuk kategori kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Realitas tanggapan siswa terhadap penerapan metode demonstrasi; (2) Realitas hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan alat pencernaan makanan pada manusia; (3) Realitas hubungan antara tanggapan siswa terhadap penerapan metode demontrasi dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran IPA pokok bahasan alat pencernaan makanan pada manusia. Penelitian ini bertolak pada kajian teori yang menyatakan bahwa tinggi rendahnya hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPA salah satunya dipengaruhi oleh tanggapan siswa terhadap penerapan metode demonstrasi. Dari asumsi teori tersebut dirumuskan hipotesis, semakin positif tanggapan siswa terhadap metode demonstrasi maka semakin tinggi pula hasil belajar mereka pada mata pelajaran IPA pokok bahasan alat pencernaan makanan pada manusia. Sebaliknya semakin negatif tanggapan siswa terhadap metode demostrasi maka semakin rendah pula hasil belajar mereka pada mata pelajaran IPA pokok bahasan alat pencernaan makanan pada manusia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan datanya dengan penyebaran angket dan tes. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 48 siswa. Analisis korelasi kedua variabel menggunakan teknik korelasi Rank, karena salah satu variabel berdistribusi tidak normal. Dari hasil analisis, diketahui bahwa tanggapan siswa terhadap penerapan metode demonstrasi termasuk ke dalam kategori sangat tinggi dengan nilai rata-rata 4,26. Adapun hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPA termasuk ke dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 63. Hubungan antara keduanya ditunjukan dengan koefisien korelasi = 0,112, yakni termasuk pada kategori sangat rendah. Hasil uji t pada taraf signikifansi 5% menunjukan t hitung < t tabel yaitu 0,77 < 2,01. Sehingga Ha ditolak, artinya tidak terdapat hubungan positif yang signifikan antara tanggapan siswa terhadap penerapan metode demontrasi dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran IPA pokok bahasan alat pencernaan makanan pada manusia. Adapun kadar pengaruh variabel X terhadap variabel Y hanya 1%. Dengan demikian, masih ada 99% faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran IPA, selain tanggapan mereka terhadap penerapan metode demonstrasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: demontrasi; kognitif; IPA
Subjects: Education > Psychology of Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 17 Sep 2018 08:08
Last Modified: 17 Sep 2018 08:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/13628

Actions (login required)

View Item View Item