Pratiwi, Milda Suci (2018) Penerapan model pembelajaran cooperative problem solving untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi usaha dan energi: penelitian pre-experimental di kelas X MIPA 9 SMAN 1 Garut 2017/2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi .pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (322kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (753kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3 .pdf Restricted to Registered users only Download (596kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran Cooperative Problem Solving dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi Usaha dan Energi. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain penelitian one-group-pretest-posttest-design. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Garut. Populasi penelitian seluruh peserta didik kelas X MIPA 1-10 dengan jumlah keseluruhan 320 orang. Pengambilan sampelnya menggunakan simple random sampling. Sampel yang terpilih adalah kelas X MIPA 9 dengan jumlah peserta didik 32 orang. Keterampilan berpikir kreatif peserta didik diperoleh dari pretest dan posttest berbentuk tes uraian TTCT (Torrance Test of Creative Thinking). Peningkatan setiap indicator keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi usaha dan energi diperoleh dari perhitungan N-Gain menggunakan uji Liliefors seperti pada fluency (0,63), flexibility (0,56), dan Elaboration (0,60). Hasil uji hipotesis membuktikan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kreatif setelah penerapan model pembelajaran Cooperative Problem Solving pada materi usaha dan energi. Dengan demikian model pembelajaran Cooperative Problem Solving dapat dijadikan sebagai salah satu solusi yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cooperative Problem Solving; keterampilan berpikir kreatif; Usaha dan Energi. |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Milda Suci Pratiwi |
Date Deposited: | 25 Sep 2018 08:10 |
Last Modified: | 25 Sep 2018 08:10 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/13759 |
Actions (login required)
View Item |