Mulyana, Deni (2015) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Auditory Intellectually Repetition (AIR) untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi tekanan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1.cover.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2.abstrak.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3.daftar isi.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4.BAB I (revisi).pdf Download (521kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5.BAB II (revisi).pdf Restricted to Registered users only Download (503kB) |
||
Text (BAB III)
6.BAB III (revisi).pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
7.BAB IV (revisi).pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8.daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi, pemahaman konsep siswa perlu ditingkatkan di SMP Ibnu Sina. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya pemahaman konsep pada siswa. Oleh sebab itu perlu adanya upaya dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa, khususnya pada mata pelajaran Fisika materi tekanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: Keterlaksanaan pembelajaran fisika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe auditory intellectually repetition pada materi tekanan dan peningkatan pemahaman konsep siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe auditory intellectually repetition pada materi tekanan. Metode penelitian yang digunakan adalah pre eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Data mengenai keterlaksanaan model auditory intellectually repetition diperoleh melalui lembar observasi guru dan siswa, sedangkan data peningkatan pemahaman konsep siswa diperoleh melalui tes soal pilihan ganda beralasan sebanyak empat belas soal. Hasil penelitian selama tiga kali pertemuan menunjukan aktivitas guru dan siswa selama menggunakan model pembelajaran auditory intellectually repetition mengalami peningkatan dengan rata-rata aktivitas guru sebesar 87,4% dengan kategori baik dan aktivitas siswa sebesar 84,5% dengan kategori baik. Pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata 0,5 yang termasuk kedalam kategori sedang. Dengan demikian model pembelajaran auditory intellectually repetition dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | auditory intellectually repetition; pemahaman konsep; tekanan; |
Subjects: | Physics > Data Processing and Analysis of Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | rofita fita robi'in |
Date Deposited: | 17 Sep 2018 06:33 |
Last Modified: | 17 Sep 2018 06:33 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/13772 |
Actions (login required)
View Item |