Pengembangan bahan ajar berorientasi tiga level representasi kimia pada materi kesetimbangan kelarutan

Ismawanti, Indri (2018) Pengembangan bahan ajar berorientasi tiga level representasi kimia pada materi kesetimbangan kelarutan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (137kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan produk berupa bahan ajar berorientasi tiga level representasi kimia pada materi kesetimbangan kelarutan. Penelitian dilakukan dalam tiga tahap, yaitu : 1) studi pendahuluan, 2) desain produk, 3) validasi dan uji coba untuk mengetahui kelayakan produk. Dari penelitian dihasilkan suatu produk bahan ajar yang memiliki karakteristik penyajian materi dengan menghubungkan tiga level representasi (makroskopik, subnikroskopik, dan simbolik) dilengkapi dengan mode representasi gambar dan multimedia. Representasi makroskopik disajikan fenomena dilingkungan disertai dengan langkah-langkah percobaan yang mudah dipahami. Representasi submikroskopik disajikan melalui teks, gambar, dan video. Sedangkan representasi simbolik disajikan melalui persamaan reaksi kimia dan perhitungan yang relevan. Validasi konten dilakukan melalui pertimbangan ahli dan uji coba kelayakan bahan ajar terhadap 3 orang dosen kimia, dan 15 orang siswa menengah atas. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba diperoleh kesimpulan bahwa bahan ajar yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran kimia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar; kesetimbangan kelarutan; representasi kimia
Subjects: Accounting
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Indri Ismawanti
Date Deposited: 18 Sep 2018 04:26
Last Modified: 18 Sep 2018 04:26
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/13793

Actions (login required)

View Item View Item