Implementasi Undang-Undang penanaman modal no. 25 tahun 2007 pasal 15 huruf B tentang tanggung jawab sosial perusahaan ditinjau berdasarkan siyasah maliyah: Studi kasus PT. Bio Farma di Desa Kertawangi Kabupaten Bandung Barat

Maulana, Hammam (2018) Implementasi Undang-Undang penanaman modal no. 25 tahun 2007 pasal 15 huruf B tentang tanggung jawab sosial perusahaan ditinjau berdasarkan siyasah maliyah: Studi kasus PT. Bio Farma di Desa Kertawangi Kabupaten Bandung Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (418kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy

Abstract

Undang-undang Penanaman Modal No. 25 Tahun 2007 Pasal 15 Huruf B berbunyi “melaksanakan tanggung jawab sosial perusahaan” artinya semua perusahaan yang mendirikan usahanya di Negara Republik Indonesia wajib melaksanakan tanggung jawab sosial perusahaan, begitu pula dengan adanya PT. Bio Farma di lingkungan Desa Kertawangi Kabupaten Bandung Barat yang secara otomatis dibebankan pula untuk melaksanakan tanggung jawab sosial menurut peraturan perundang-undangan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui, Pertama, Implementasi Undang-undang No. 25 tahun 2007 Pasal 15 Huruf B PT. Bio Farma di Desa Kertawangi. Kedua, Analisis prinsip Siyasah Maliyah terhadap Undang-undnag No. 25 Pasal 15 Huruf B. Penelitian ini berolak pada Undang-undang Nomor 25 Tahun 2007 Pasal 15 Huruf B tentang Tanggung Jawab Sosial Perusahaan yang mana perusahaan wajib melaksanakan program tanggung jawab sosial perusahaan untuk meningkatkan perekonomian Indonesia dan untuk kemaslahatan masyarakat sekitar perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, penelitaian studi kasus dipandang sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Bahawa metode ini bertujuan untuk mendapatkan hasil penelitian yang sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat populasi atau daerah tertentu. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Perusahaan PT. Bio Farma sudah menjalankan tanggung jawab sosial perusahaan sesuai dengan Undang-undang No 25 Tahun 2007 Pasal 15 huruf B tentang Penanaman Modal terhadap masyarakat disekitar perusahaan, adapaun yang kurang dirasakan oleh masyarakat adalah perekrutan karyawan perusahaan dari masyarakat sekitar. Akan tetapi peneliti ini lebih fokus kepada apa saja progran tanggung jawab sosial perusahaan yang sudah dikeluarkan oleh perusahaan untuk masyarakat dan itu sudah sesuai dengan ketetapan Undang-undang yang berlaku tentan Penanaman Modal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penanaman Modal; Tanggung Jawab Sosial Perusahaan; Undang-undang Penanaman Modal; CSR;
Subjects: Econmics
Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam (Siyasah)
Depositing User: Hammam Maulana
Date Deposited: 18 Sep 2018 02:44
Last Modified: 18 Feb 2020 02:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/13796

Actions (login required)

View Item View Item