Analisis kinerja keuangan perusahaan yang go public sebelum dan sesudah right issue: studi kasus pada perusahaan perbankan di BEI periode 2015-2016

Rakasiwi, Dhea Afrizal (2018) Analisis kinerja keuangan perusahaan yang go public sebelum dan sesudah right issue: studi kasus pada perusahaan perbankan di BEI periode 2015-2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (794kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (908kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy

Abstract

Masalah yang melatarbelakangi adanya penelitian ini adalah karena banyak perusahaan yang masih tidak efektif dan efisien dalam pengelolaan right issue dan ketidaksamaan antara teori dan kenyataan. Right issue merupakan pemberian hak kepada pemegang saham lama untuk membeli saham baru dengan harga yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kinerja keuangan, kinerja keuangan adalah suatu analisis yang dilakukan untuk menilai sejauh mana perusahaan telah melaksanakan dengan menggunakan aturan-aturan pelaksanaan secara baik dan benar (Fahmi, 2014). Kinerja keuangan yang diambil adalah rasio keuangan, rasio keuangan merupakan kegiatan membandingkan angka-angka yang ada dalamlaporan keuangan dengan cara membagi antara satu angka dengan angka lainnya (Kasmir, 2010). Rasio keuangan yang diukur adalah Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Total Asset Turn Over, Return On Equity, Return On Asset, Net Profit Margin, Price Earning Ratio sebelum dan sesudah pelaksanaan right issue. Penelitian ini mengukur kinerja keuangan yang diukur dengan menggunakan current ratio, debt to equity ratio, total assets turn over, return on equity, return on assets, net profit margin dan price earning ratio. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan Perbankan yang melakukan right issue tahun 2015. Sampel dalam penelitian ini diperoleh sebanyak 4 sampel dengan menggunakan purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji t berpasangan dan uji tanda. Tingkat kesalahan atau signifikan yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebesar 5%. Hasi uji t sampel berpasangan menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan pada current ratio, debt equity ratio, total assets turn over, return on equity, net profit margin dan price earning ratio serta return on assets karena data terdistribusi tidak normal sehingga analisis menggunakan uji tanda dengan tingkat signifikan 5% yang menunjukkan tidak ada perbedaan. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penambahan saham baru seharusnya mampu mewakili perkembangan struktur modal kearah yang optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Studi Peristiwa; Right Issue; Kinerja Keuangan
Subjects: Accounting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Dhea Afrizal Rakasiwi
Date Deposited: 19 Sep 2018 03:12
Last Modified: 19 Sep 2018 03:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/13905

Actions (login required)

View Item View Item