Farhan, Asep (2013) Pemahaman siswa terhadap Q.S. Al Muzzammil Ayat 4 hubungannya dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran Al Quran Hadits materi ilmu tajwid: Penelitian terhadap siswa kelas X jurusan administrasi perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Cibiru kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (260kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (102kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) |
Abstract
Berdasarkan latar belakang masalah bahwa motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al Quran Hadits khususnya ketika mempelajari materi ilmu tajwid masih relatif rendah. Rendahnya motivasi belajar mereka diakibatkan beberapa faktor, salah satunya adalah kurangnya pemahaman siswa terhadap ayat Al Quran yang menjelaskan tentang perintah mempelajari ilmu tajwid, yaitu Q.S. Al Muzzammil ayat 4. Pemahaman yang baik terhadap ayat tersebut di atas, diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran Al Quran Hadits khususnya ketika mempelajari materi ilmu tajwid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui realitas pemahaman siswa terhadap Q.S. Al Muzzammil ayat 4, realitas motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al Quran Hadits materi ilmu tajwid, dan realitas hubungan pemahaman siswa terhadap Q.S. Al Muzzammil ayat 4 dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran Al Quran Hadits materi ilmu tajwid. Penelitian ini didasarkan pada asumsi teoritis bahwa semakin tinggi pemahaman siswa terhadap Q.S. Al Muzzammil ayat 4, maka semakin tinggi pula motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al Quran Hadits materi ilmu tajwid dan sebaliknya semakin rendah pemahaman siswa terhadap Q.S. Al Muzzammil ayat 4, maka semakin rendah pula motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al Quran Hadits materi ilmu tajwid. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Cara pengumpulan datanya dengan tes, angket, observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Sampel dalam penelitian ini adalah 48 siswa. Kemudian untuk analisis datanya menggunakan dua pendekatan yaitu analisis deskriptif dan analisis korelasi. Dari hasil analisis, diketahui bahwa pemahaman siswa terhadap Q.S. Al Muzzammil ayat 4 sebesar 78,46 termasuk ke dalam kategori baik karena berada pada interval 70-79. Adapun motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al Quran Hadits materi ilmu tajwid sebesar 3,86 termasuk pada kategori tinggi karena berada pada interval 3,40-4,19. Hubungan antara keduanya ditunjukan dengan koefisiensi korelasi sebesar 0,69, yakni termasuk pada kategori tinggi. Hasil uji hipotesis pada taraf signifikasi 5 % menunjukan t hitung 6,46 > t tabel 1,65. Artinya Ho ditolak yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman siswa terhadap Q.S. Al Muzzammil ayat 4 dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al Quran Hadits materi ilmu tajwid. Kemudian kadar pengaruh variabel pemahaman siswa terhadap Q.S. Al Muzzammil ayat 4 terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al Quran Hadits materi ilmu tajwid sebesar 28 %. Ini berarti masih ada faktor lain sebesar 72% yang mempengaruhi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al Quran Hadits Materi ilmu tajwid.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman Siswa; Q.S. Al Muzzammil Ayat 4; Motivasi Belajar; Mata Pelajaran Al Quran Hadits; Ilmu Tajwid; |
Subjects: | Islam > Koran Islam > Hadith Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 11 not found. |
Date Deposited: | 09 May 2016 08:08 |
Last Modified: | 22 Apr 2019 07:10 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/1398 |
Actions (login required)
View Item |