Purnama, Alam Candra (2013) Pemahaman santri terhadap kitab Ta`limul Muta`alim bab hakikat, pemahaman dan keutamaan ilmu hubungannya dengan motivasi belajar mereka: Penelitian di Pondok Pesantren Bustanul Wildan Cileunyi – Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (371kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (793kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (766kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (799kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (351kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di Pondok Pesantren Bustanul Wildan Cileunyi-Bandung diperoleh informasi bahwa pemahaman santri tentang bab hakikat, pemahaman dan keutamaan ilmu ini cukup tinggi. Akan tetapi, masih ada santri yang tidak tepat masuk pengajian dan masih adanya santri yang tidur ketika pengajian berlangsung. Kenyataan tersebut menunjukan motivasi belajar yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman santri terhadap Kitab Ta`limul Muta`alim bab hakikat, pemahaman dan keutamaan ilmu, motivasi belajar santri, serta hubungan antara pemahaman santri terhadap Kitab Ta`limul Muta`alim bab hakikat, pemahaman dan keutamaan ilmu dengan motivasi belajar mereka. Penelitian ini bertolak dari kajian teoritis yang menyatakan bahwa motivasi salah satunya dipengaruhi oleh pemahaman. Dengan pemahaman yang diperolehnya, seseorang akan merespon stimulus sesuai dengan pemahaman yang ada dalam dirinya. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah Semakin tinggi pemahaman santri terhadap Kitab Ta`limul Muta`alim bab hakikat, pemahaman dan keutamaan ilmu maka semakin tinggi pula motivasi belajar mereka. Sebaliknya, semakin rendah pemahaman santri terhadap Kitab Ta`limul Muta`alim bab hakikat, pemahaman dan keutamaan ilmu maka semakin rendah pula motivasi belajar mereka. Metode yang digunakan ialah metode deskriptif, yaitu metode yang tertuju pada pemecahan masalah yang ada pada masa sekarang. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah observasi, angket, tes dan studi kepustakaan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 42 orang yang terdiri dari santri kelas Mubtadi A dan B, mutawassit dan Muta`ali. Analisis data dilakukan dengan dua pendekatan, yaitu pendekatan logika untuk data kualitatif dan pendekatan statistik untuk data kuantitatif. Dari hasil analisis data yang disebarkan kepada 42 responden, diketahui pemahaman santri terhadap Kitab Ta`limul Muta`alim bab hakikat, pemahaman dan keutamaan ilmu (Variabel X), yaitu 88,1. Nilai tersebut termasuk kategori sangat tinggi yang berada pada interval 80 – 100. Motivasi belajar mereka (Variabel Y) diperoleh hasil 3,93. Nilai tersebut termasuk kategori baik yang berada pada interval 3,40 – 4,19. Adapun persamaan regresi linier yaitu Y= 48,72 + 0,14X. Sedangkan linieritas regresinya diperoleh hasil bahwa F hitung = 2,19 < F daftar = 2,31 maka data tersebut linier. Nilai koefisien korelasinya diperoleh sebesar 0,31 berarti termasuk rendah, kemudian hasil signifikansi koefisien korelasinya diperoleh t hitung = 2,05 > t tabel = 1,68 maka hipotesis diterima, dan pengaruhnya sebesar 5 % hal ini berarti masih ada sekitar 95 % lagi faktor lain yang mempengaruhi motivasi belajar santri.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman; Santri; Kitab Ta`limul Muta`alim Bab Hakikat; Keutamaan Ilmu; Motivasi Belajar; |
Subjects: | Islam > Islam and Philosophy Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 11 not found. |
Date Deposited: | 09 May 2016 08:24 |
Last Modified: | 02 Aug 2019 03:24 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/1399 |
Actions (login required)
View Item |