Pengaruh manajemen promosi terhadap minat shahibul maal dan muzakki dalam berzakat: penelitian terhadap shahibul maal dan muzakki di PZU Persis Jl. Perintis Kemerdekaan Bandung

Aini, Nurul (2015) Pengaruh manajemen promosi terhadap minat shahibul maal dan muzakki dalam berzakat: penelitian terhadap shahibul maal dan muzakki di PZU Persis Jl. Perintis Kemerdekaan Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1.COVER NURUL.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2.ABSTRAK.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3.daftar isi.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4.BAB-1-.pdf

Download (407kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5.BAB-II-Repaired.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB)
[img] Text (BAB III)
6.BAB-1-.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7.BAB-IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8.DAFTAR-PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)

Abstract

Penelitian ini bertolak pada keberadaan Lembaga Amil Zakat yang berfungsi sebagai komunikator dan promotor untuk memberi pengetahuan, mengajak dan menyadarkan masyarakat mengenai wajib zakat. Pusat Zakat umat (PZU) persis sebagai salah satu lembaga amil zakat yang salah satu tugasnya adalah meng-himpun dana zakat memiliki strategi promosi dengan menggunakan beberapa media yaitu media cetak dan elektronik. Yang menjadi pertanyaan adalah apakah media tersebut dapat mempengaruhi respon shahibul maal? Bagaimana hubungan stimuli media promosi dengan respon shahibul maal? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana PZU Persis melakukan strategi promosi, bagaimana minat shahibul maal dan muzakki dalam berzakat dan bagaimana pengaruh manajemen promosi terhadap minat shahibul maal dan muzakki dalam berzakat. Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa minat shahibul maal dan muzakki dalam berzakat di pengaruhi oleh beberapa factor, salah satunya dipengaruhi oleh promosi yang dilakukan oleh PZU Persis. Dari asumsi tersebut dapat diambil hipotesis yakni, terdapat hubugan antara manajemen promosi dengan minat shahibul maal dan muzakki dalam berzakat. Jika strategi promosi tinggi maka minat shahibul maal dan muzakki dalam berzakat tinggi. Begitupun sebliknya, jika strategi promosi rendah, maka minat shahibul maal dan muzakki dalam berzakat rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, karena metode ini dipelukan untuk menggali, mengungkapkan, dan menganalisis fenomena empirik yang sesuai dengan kebutuhan. Sedangkan teknik pengum-pulan data dilakukan dengan cara angket, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Kemudian analisis datanya dilakukan dengan dua pendekatan yaitu analisis parsial dan korelasioner. Karena variabel X (Manajemen Promosi) dan variable Y(Minat Shahibul Maal dan Muzakki dalam Berzakat) berdistribusi normal, maka menggunakan teknik product moment. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari angket yang disebarkan kepada 50 responden, diperoleh kesimpulan berdasarkan hasil uji hipotesis atau uji diterima atau tidaknya asumsi yang telah diperkirakan. Diketahui t hitung yang merupakan hasil hitung dari koreasi dan jumlah sampel lebih besar dari t tabel yang merupakan hasil mutlak dari rumus statistika yaitu t hitung > t tabel atau 2,48 > 1,67. Ini berarti hipotesis alternatif (Ha): Terdapat hubungan antara promosi dengan minat shahibul maal dan muzakki idalam berzakat, diterima dan hipotesis nol (Ho): Tidak terdapat hubungan antara promosi dengan minat shahibul maal dan muzakki dalam berzakat ditolak. Kadar pengaruh variabel X yang merupakan manajemen promosi terhadap variabel Y yang merupakan minat shahibul maal dan muzakki dalam berzakat, sebesar 9% dan sekitar 91% masih ada faktor lain seperti : kepercayaan muzakki terhadap LAZ PZU dalam mengelola zakat, pengetahuan shahibul maal terhadap wajib zakat, dll yang ikut mempengaruhi minat shahibul maal dan muzakki dalam berzakat

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Managemen; Promosi; Shaibul Maal; Muzakki; PZU Persis Bandung
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Zakat
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Zakat Mal
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 27 Sep 2018 02:32
Last Modified: 27 Sep 2018 02:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/14009

Actions (login required)

View Item View Item