Sumiati, Nunung (2018) Pengaruh pembelajaran Akhlak Tasawuf terhadap sikap Tawakal Mahasiswa: Penelitian pada Mahasiswa Semester V Kelas C PAI FTK UIN SGD Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (97kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (334kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (42kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (29kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lemahnya sikap tawakal mahasiswa yang bertolak belakang dari tujuan akhlak. Beberapa mahasiswa tidak menerima dengan sikap lapang dada terhadap nilai pemberian dosen, selalu ketergantungan dan mengandalkan teman dalam tugas, masih kurang aktif dalam kelas ketika proses perkuliahan. Selain itu, rendahnya sikap tawakal dalam mengerjakan tugas tanpa dibarengi dengan usaha yang maksimal, rendahnya solidaritas sesama teman, kurang memperhatikan kehadiran, kurangnya rasa percaya diri dalam mengemukakan pendapat, rendahnya sopan santun terhadap dosen, rasa malas dalam mengerjakan tugas, dan ketepatan waktu. Oleh karena itu, penulis merasa penting untuk melakukan penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui realitas pembelajaran akhlak tasawuf mahasiswa, realitas sikap tawakal mahasiswa dan pengaruh pembelajaran akhlak tasawuf terhadap sikap tawakal mahasiswa. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa sikap tawakal mahasiswa salah satunya dipengaruhi oleh pembelajaran akhlak tasawuf. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah semakin baik pembelajaran akhlak tasawuf, maka semakin baik pula sikap tawakal mahasiswa. Begitupun sebaliknya. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Metode deskriptif kuantitatif adalah penelitian yang diupayakan untuk mencandra atau mengamati permasalahan secara sistematis dan akurat mengenai data, fakta-fakta dan sifat-sifat objek tertentu. Pendekatan yang digunakan yaitu dengan teknik analisis rank spearman, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester V Kelas C PAI FTK UIN SGD Bandung sebanyak 36 orang dari jumlah populasi sebanyak 245 orang. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa realitas akhlak tasawuf mahasiswa termasuk kategori baik dengan nilai rata-rata 3,54 yang berada pada interval 3,40–4,19. Realitas sikap tawakal mahasiswa termasuk kategori baik dengan nilai rata-rata 4,16 yang berada pada interval 3,40–4,19. Adapun pengaruh pelaksanaan pembelajaran akhlak tasawuf terhadap sikap tawakal mahasiswa termasuk kategori sangat tinggi dengan korelasi sebesar 0,81 yang berada pada interval 0,70–1,00. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa t_hitung lebih besar dari t_tabel (8 > 2,032). Dengan demikian, Ha diterima dan Ho ditolak atau terdapat pengaruh antara pembelajaran akhlak tasawuf terhadap sikap tawakal mahasiswa. Adapun kadar pengaruh pembelajaran akhlak tasawuf terhadap sikap tawakal mahasiswa sebesar 41%. Artinya, masih ada sebesar 59% faktor lain yang mempengaruhi sikap tawakal mahasiswa, baik faktor internal maupun eksternal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran; Akhlak; Tasawuf; Sikap; Tawakal |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nunung Sumiati |
Date Deposited: | 24 Sep 2018 06:23 |
Last Modified: | 24 Sep 2018 06:23 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14052 |
Actions (login required)
View Item |