Mubarok, Ramdhan Akbar (2018) Peningkatan kemampuan komunikasi matematik melalui media pembelajaran berbasis web dan slide powerpoint: penelitian kuasi eksperimen materi balok dan kubus pada kelas VIII semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (396kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (377kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (565kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (770kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (404kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (529kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan di kelas VIII SMP Negeri 46 Bandung. Penelitian ini memanfaatkan aplikasi web dan media slide powerpoint untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa. Adapun tujuan penelitian ini untuk menelaah: (a) Peningkatan kemampuan komunikasi matematik peserta didik melalui media pembelajaran berbasis web, media pembelajaran slide powerpoint, dan pembelajaran konvensional. (b) Perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematik melalui media pembelajaran berbasis web, slide powerpoint dan pembelajaran konvensional. (c) Sikap siswa terhadap pembelajaran matematika melalui media pembelajaran berbasis web dan slide powerpoint. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen berbentuk Nonequivalent (Pretest dan Posttest) Control Group Design. Data yang diperoleh menggunakan instrumen penelitian berupa tes kemampuan komunikasi matematik dan lembar skala sikap. Setelah dilaksanakan observasi, data dikaji dan dianalisis. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh: (a) Peningkatan kemampuan komunikasi matematik peserta didik melalui media pembelajaran berbasis web, media pembelajaran slide powerpoint, dan pembelajaran konvensional tergolong rendah. (b) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematik melalui media pembelajaran berbasis web, slide powerpoint dan pembelajaran konvensional. (c) Sebagian besar siswa merespon positif terhadap pembelajaran matematika melalui media pembelajaran berbasis web sedangkan hampir setengahnya siswa merespon positif terhadap pembelajaran matematika melalui slide powerpoint.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching Technology, Applied Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rammdhan Akbar Mubarok |
Date Deposited: | 21 Sep 2018 06:45 |
Last Modified: | 21 Sep 2018 06:45 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14056 |
Actions (login required)
View Item |