Peningkatan kemampuan komunikasi matematik melalui media pembelajaran berbasis web dan slide powerpoint: penelitian kuasi eksperimen materi balok dan kubus pada kelas VIII semester genap tahun pelajaran 2017/2018

Mubarok, Ramdhan Akbar (2018) Peningkatan kemampuan komunikasi matematik melalui media pembelajaran berbasis web dan slide powerpoint: penelitian kuasi eksperimen materi balok dan kubus pada kelas VIII semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (565kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (770kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan di kelas VIII SMP Negeri 46 Bandung. Penelitian ini memanfaatkan aplikasi web dan media slide powerpoint untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa. Adapun tujuan penelitian ini untuk menelaah: (a) Peningkatan kemampuan komunikasi matematik peserta didik melalui media pembelajaran berbasis web, media pembelajaran slide powerpoint, dan pembelajaran konvensional. (b) Perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematik melalui media pembelajaran berbasis web, slide powerpoint dan pembelajaran konvensional. (c) Sikap siswa terhadap pembelajaran matematika melalui media pembelajaran berbasis web dan slide powerpoint. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen berbentuk Nonequivalent (Pretest dan Posttest) Control Group Design. Data yang diperoleh menggunakan instrumen penelitian berupa tes kemampuan komunikasi matematik dan lembar skala sikap. Setelah dilaksanakan observasi, data dikaji dan dianalisis. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh: (a) Peningkatan kemampuan komunikasi matematik peserta didik melalui media pembelajaran berbasis web, media pembelajaran slide powerpoint, dan pembelajaran konvensional tergolong rendah. (b) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematik melalui media pembelajaran berbasis web, slide powerpoint dan pembelajaran konvensional. (c) Sebagian besar siswa merespon positif terhadap pembelajaran matematika melalui media pembelajaran berbasis web sedangkan hampir setengahnya siswa merespon positif terhadap pembelajaran matematika melalui slide powerpoint.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Technology, Applied Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Rammdhan Akbar Mubarok
Date Deposited: 21 Sep 2018 06:45
Last Modified: 21 Sep 2018 06:45
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14056

Actions (login required)

View Item View Item