Utami, Thesa Permata Putri (2012) Hubungan antara status identitas dengan orientasi masa depan di bidang pendidikan pada siswa kelas XII SMA Negeri 2 Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (106kB) | Preview |
|
Text (BAB I - BAB IV)
4_bab1sd4.pdf Restricted to Registered users only Download (820kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
5_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) |
Abstract
Banyak remaja khususnya yang sedang duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) kelas XII belum memutuskan akan memilih jurusan apa di perguruan tinggi setelah mereka lulus sekolah. Mereka hanya mempunyai keinginan untuk melanjutkan sekolah tanpa mengetahui ke jurusan mana dia akan melanjutkan sekolahnya itu. Ada pula diantara mereka yang ingin melanjutkan sekolah ke jurusan “X�, namun bukan karena jurusan tersebut sesuai dengan minat dan kemampuannya, melainkan karena suruhan orang tua atau “ikut-ikutan� temannya. Fenomena tersebut terjadi pula pada siswa kelas XII di SMA Negeri 2 Sumedang. Seharusnya siswa kelas XII sudah memiliki rencana dan memutuskan kemana ia akan melanjutkan sekolahnya itu, yang sesuai dengan minat dan kemampuannya, sehingga dirinya tidak akan mengalami yang namanya “salah jurusan� di Perguruan Tinggi. Berdasarkan fenomena, maka peneliti mengajukan judul yaitu Hubungan antara Status Identitas dengan Orientasi Masa Depan di Bidang Pendidikan pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 2 Sumedang. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran kondisi objektif status identitas siswa kelas XII SMA Negeri 2 Sumedang, memperoleh gambaran kondisi objektif orientasi masa depan di bidang pendidikan siswa kelas XII SMA Negeri 2 Sumedang, dan memperoleh gambaran hubungan antara status identitas dengan orientasi masa depan di bidang pendidikan pada siswa kelas XII SMA Negeri 2 Sumedang. Dalam penelitian ini dilakukan studi korelasional mengenai hubungan antara Status Identitas dengan Orientasi Masa Depan (OMD) di Bidang Pendidikan. Populasi penelitian berjumlah 205 orang (laki-laki dan perempuan). Peneliti menggunakan sampel sebanyak 82 orang, memakai teknik proportional random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah skala eksplorasi dan komitmen untuk mengukur status identitas, dan skala OMD di bidang pendidikan. Alat ukur tersebut dirancang dengan menggunakan skala Likert yang menghasilkan data dengan tingkatan pengukuran ordinal. Oleh karena itu, analisis item untuk ketiga alat ukur tersebut menggunakan korelasi rank spearman. Pengujian validitas menggunakan rumus rank spearman, dan reliabilitas menggunakan alpha croanbach. Berdasarkan hasil analisis data, untuk eksplorasi thitung ≥ ttabel, hal ini berarti hipotesis penelitian diterima. Untuk komitmen thitung ≥ ttabel, hal ini berarti hipotesis penelitian diterima. Dan untuk keempat identitas, diperoleh hasil sebagai berikut: untuk identity achievement thitung ≥ ttabel, hal ini berarti hipotesis penelitian diterima. Untuk identity moratorium thitung ≤ ttabel, hal ini berarti hipotesis penelitian ditolak. Untuk identity foreclosure thitung ≥ ttabel, hal ini berarti hipotesis penelitian diterima. Dan untuk identity diffusion thitung ≤ ttabel, hal ini berarti hipotesis penelitian ditolak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | orientasi masa depan; Ststus Identitas; |
Subjects: | Education > Psychology of Education |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Users 30 not found. |
Date Deposited: | 10 May 2016 01:55 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 08:52 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/1417 |
Actions (login required)
View Item |