Pengaruh model pelajaran buzz group terhadap kemampuan pemahaman matematik siwa kelas VIII pada materi teorema pythagoras

Naimah, Ima (2015) Pengaruh model pelajaran buzz group terhadap kemampuan pemahaman matematik siwa kelas VIII pada materi teorema pythagoras. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1.COVER.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2.ABSTRAK.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3.DAFTAR ISI.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4.BAB 1.pdf

Download (684kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text (BAB III)
6.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7.BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8.DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)

Abstract

Pembelajaran matematika di sekolah selama ini memiliki kecenderungan hanya menyelesaikan soal aplikasi rumus tanpa mengetahui kegunaan matematika dalam kehidupan yang termasuk kedalam kemampuan pemahaman matematik. Untuk itu perlu diadakan perubahan dengan menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematik siswa. Salah satu model yang diasumsikan tepat adalah model Buzz Group. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (a) gambaran aktivitas siswa dan guru dengan menggunakan model pembelajaran Buzz Group, (b) kemampuan pemahaman matematik siswa yang memperoleh model pembelajaran Buzz Group setiap siklusnya, (c) kemampuan pemahaman matematik siswa yang telah memperoleh model pembelajaran Buzz Group di akhir siklus, (d) sikap siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Buzz Group. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas VIII K SMPN 17 Bandung dengan pokok bahasan Teorema Phytagoras. Sampel penelitian ini terdiri dari 37 orang. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (a) aktivitas siswa dan guru yang terintegrasi menggunakan model pembelajaran Buzz Group pada kelas VIII K mengalami peningkatan di setiap pertemuan dan rata-rata keterlaksanaan pada setiap pertemuan termasuk ke dalam kriteria keterlaksanaan baik, (b) rata-rata kemampuan pemahaman matematik siswa pada siklus I sebesar 70,68 dengan kriteria cukup baik, siklus II sebesar 74,95 dengan kriteria cukup baik, (c) rata-rata kemampuan pemahaman matematik siswa setelah diterapkan model pembelajaran Buzz Group sebesar 80,54 dengan kriteria baik, (d) siswa memberikan sikap positif terhadap pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Buzz Group. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata sikap siswa untuk setiap indikator selalu lebih besar dari pada sikap netral.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Buzz Group; Matematik; Teorema Pythagoras;
Subjects: Mathematics > Research Methods of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 02 Nov 2018 06:48
Last Modified: 02 Nov 2018 06:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/14174

Actions (login required)

View Item View Item