Penerapan model pembelajaran content context connection researching reasoning reflecting (3C3R) untuk mengembangkan keterampilan generik sains siswa pada konsep koloid dalam kehidupan sehari-hari:penelitian kelas terhadap siswa kelas XI MIA 4 SMAN 26 Bandung.

Burhanudin, Ramlan (2015) Penerapan model pembelajaran content context connection researching reasoning reflecting (3C3R) untuk mengembangkan keterampilan generik sains siswa pada konsep koloid dalam kehidupan sehari-hari:penelitian kelas terhadap siswa kelas XI MIA 4 SMAN 26 Bandung. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI.

[img]
Preview
Text (COVER)
1.CAPER SKRIPSI.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2.ABSTRAK.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3.DAFTAR ISI.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4.BAB I.pdf

Download (316kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (715kB)
[img] Text (BAB III)
6.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[img] Text (BAB IV)
7.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)

Abstract

Konsep koloid merupakan salah satu materi pembelajaran yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Model 3C3R merupakan model belajar dengan menghadirkan situasi dunia nyata ke dalam kelas dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan pengalaman nyata. Keterampilan generik sains perlu dikembangkan sebagai wahana penemuan dan pengembangan konsep, prinsip dan teori dalam memahami konsep koloid. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan aktivitas siswa, mengetahui kemampuan siswa dalam mengerjakan LKS dan mengetahui keterampilan generik sains siswa setelah pembelajaran dengan model 3C3R pada konsep koloid. Metode yang digunakan yaitu penelitian kelas dengan subjek siswa kelas XI MIA 4 SMAN 26 Bandung. Data dikumpulkan melalui lembar observasi, LKS, tes evaluasi KGS. Hasil rata-rata aktivitas siswa sangat baik dengan nila persentase 96%,. Kemampuan siswa mengerjakan LKS dengan nilai rata-rata paling tinggi adalah kelompok 2 sebesar 97,33 dan paling rendah adalah kelompok 2 sebesar 82,11. Keterampilan generik sains siswa pada indikator pengamatan langsung, inferensi logika dan membangun konsep berada pada kategori sangat baik dengan rata-rata sebesar 88, 82 dan 81, sedangkan indikator kesadaran tentang skala besaran, pemodelan dengan rata-rata 75, dan 71, berada pada kategori baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model 3C3R pada pembelajaran dapat mengembangkan keterampilan generik sains siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model 3C3Rp; Keterampilan Generik Sains; Konsep Koloid;
Subjects: Analytical Chemistry > Qualitative Analysis, Quantitavie Analysis of Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 12 Nov 2018 18:35
Last Modified: 12 Nov 2018 18:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/14202

Actions (login required)

View Item View Item