Pengaruh gaya kepemimpinan transaksional dan transformasional terhadap komitmen organisasi pada PT. Harja Gunatama Lestari cabang Borma Cipadung

Suryanulloh, M Farhan (2018) Pengaruh gaya kepemimpinan transaksional dan transformasional terhadap komitmen organisasi pada PT. Harja Gunatama Lestari cabang Borma Cipadung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (599kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy

Abstract

Upaya membangun kembali komitmen organisasi melalui gaya kepemimpinan (transaksional dan transformasional) sangat dibutuhkan. Penelitian ini mengidentifikasi pengaruh gaya kepemimpinan transaksional dan transformasional terhadap komitmen organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dimensi dari gaya kepemimpinan transaksional (imbalan kontingen, manajemen berdasarkan pengecualian aktif, dan manajemen berdasarkan pengecualian pasif) dan gaya kepemimpinan transformasional (kharismatik, inspirasional, stimulasi intelektual, pertimbangan individual) terhadap komitmen organisasi yang akan diujikan pada karyawan PT. Harja Gunatama Lestari Cabang Borma Cipadung, baik secara parsial maupun secara simultan, Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian berjumlah 87 responden. Metode pengambilan sampel menggunakan simple random sampling yaitu pengambilan anggota sampel dan populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner dan data yang terkumpul kemudian di uji validitasnya dan reliabilitasnya. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS 23.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa gaya kepemimpinan transaksional dan transformasional berpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasi terbukti melalui pengujian secara simultan yang menghasilkan Fhitung 23,223>3,10 yang merupakan Ftabel, gaya kepemimpinan transaksional berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi terbukti melelui pengujian persial (uji t) yang menghasilkan nilai thitung sebesar 1,836>1, 66342. Serta gaya kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi. Terbukti melalui uji t yang menghasilkan thitung 4,227>1,66342. Berdasarkan koefisien determinasi didapatkan nilai r square 0,356. Hai ini menunjukan bahwa komitmen organisasi dipengaruhi oleh gaya kepemimpinan transaksional dan transformasional. Sebesar 35,6% sedangkan 64,4% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan Transaksional;Gaya Kepemimpinan Transformasional;Komitmen Organisasi
Subjects: General Management > Philosophy and Theory of Management
General Management > Manajement for Specific Organizations
General Management > Organizations
General Management > Personnel Management
General Management > Elements of Personnel Management
General Management > Internal Organizations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: M Farhan Suryanulloh
Date Deposited: 11 Oct 2018 03:29
Last Modified: 11 Oct 2018 03:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/14224

Actions (login required)

View Item View Item