Penerapan metode pembelajaran peer instruction untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep kelarutan dan hasil kali kelarutan

Ummah, Rifa'ul (2018) Penerapan metode pembelajaran peer instruction untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep kelarutan dan hasil kali kelarutan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (347kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (933kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy

Abstract

Hasil belajar siswa kelas XI MIPA SMA Swasta di Kota Bandung pada Konsep Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan masih belum optimal. Penelitian ini, sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa maka digunakan metode pembelajaran peer instruction. Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui aktivitas siswa pada setiap tahapan metode peer instruction, kemampuan siswa dalam menyelesaikan LKS, dan peningkatan hasil belajar siswa. Metode elitian pre-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design dengan subjek penelitian 37 siswa. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi siswa, LKS, dan tes hasil belajar. Hasil keterlaksanaan aktivitas siswa selama pembelajaran rata-rata 91% dengan kategori sangat baik, kemampuan menyelesaikan LKS yaitu 84 dengan kategori sangat baik, dan uji hipotesis menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran peer instruction dengan nilai rata-rata n-gain sebesar 0,66 yang dengan kategori sedang. Hal tersebut mengindikasikan bahwa metode pembelajaran peer instruction dapat diterapkan sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: peer instruction; hasil belajar siswa; kelarutan; hasil kali kelarutan;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Rifa'ul Ummah
Date Deposited: 29 Nov 2018 06:07
Last Modified: 29 Nov 2018 06:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/14255

Actions (login required)

View Item View Item