Rohani, Rohani (2014) Pendekatan brain based learning untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematik dan self efficacy siswa: penelitian quasi eksperimen pada pokok bahasan segitiga di SMP Negeri 1 Sukatani kelas VII semester genap. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI.
|
Text (COVER)
1.cover nong.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2.ABSTRAK.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3.DAFTAR ISI.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4.BAB I nong ani.pdf Download (589kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5.BAB II nong ani.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) |
||
Text (BAB III)
6.BAB III nong ani.pdf Restricted to Registered users only Download (962kB) |
||
Text (BAB IV)
7.BAB IV nong ani.pdf Restricted to Registered users only Download (95kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8.DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) |
Abstract
Kemampuan pemahaman matematik siswa yang masih rendah, mengakibatkan masih banyaknya siswa yang pasif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan suatu penelitian yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Pendekatan Brain Based Learning (BBL) dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematik siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan quasi experimental design bentuk nonequivalen control group design terdapat 2 kelas yaitu, kelas eksperimen menggunakan Pendekatan BBL dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) aktivitas guru dan siswa dengan BBL; (b) perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematik siswa ditinjau dari Pengetahuan Awal Matematika (PAM) siswa; (c) sikap Self Efficacy Siswa terhadap pembelajaran BBL. Hasil penelitian sebagai berikut: (a) rata-rata aktivitas guru pada ketiga pertemuan adalah 84,61% Sedangkan, rata-rata aktivitas siswa adalah 78,56%; (b) Hasil analisis gain ternomalisasi menggunakan uji ANOVA dua jalur terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematik siswa antara yang menggunakan BBL dan pembelajaran konvensional secara keseluruhan dan terdapat faktor PAM siswa yang berpengaruh kepada peningkatan kemampuan pemahaman matematik siswa; (c) Sikap siswa terhadap pendekatan BBL sebagian besar siswa memberikan respon positif, karena sikap siswa lebih tinggi dari pada sikap netral siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Brain Based Learning; Pemahaman; Self Efficacy |
Subjects: | Analysis, Theory of Functions > Special Functions |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | rofita fita robi'in |
Date Deposited: | 25 Sep 2018 07:58 |
Last Modified: | 25 Sep 2018 07:58 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14299 |
Actions (login required)
View Item |