Pengembangan e-modul pembelajaran berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi usaha dan energi di kelas X SMA/MA

Linda, Linda (2018) Pengembangan e-modul pembelajaran berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi usaha dan energi di kelas X SMA/MA. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (182kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran fisika menekankan peserta didik untuk memiliki pemahaman konsep yang lebih melalui serangkaian proses ilmiah atau pendekatan ilmiah. Berbagai macam sumber pembelajaran dibutuhkan, termasuk pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran. Realita di lapangan, guru masih belum maksimal dalam memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran untuk melatih pemahaman konsep peserta didik. Penelitian pengembangan e-modul pembelajaran berbasis pendekatan saintifik ini bertujuan untuk mengetahui 1) kelayakan e-modul pembelajaran berbasis pendekatan saintifik, 2) keterlaksanaan proses pembelajaran menggunakan e-modul pembelajaran berbasis pendekatan saintifik, dan 3) peningkatan pemahaman konsep peserta didik kelas X MIA 6 SMAN 27 Bandung pada materi usaha dan energi. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian berjumlah 31 orang peserta didik. Hasil penelitian yaitu sebagai berikut: 1) e-modul pembelajaran berbasis pendekatan saintifik berdasarkan hasil validasi memperoleh persentase kelayakan sebesar 81.11% dengan kategori layak untuk diterapkan pada proses pembelajaran, 2) keterlaksanaan proses pembelajaran menggunakan e-modul pembelajaran berbasis pendekatan saintifik berdasarkan hasil observasi memperoleh kategori baik, dan 3) penggunaan e-modul pembelajaran berbasis pendekatan saintifik pada proses pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik dengan rata-rata peningkatan sedang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: E-Modul Pembelajaran; Pendekatan Saintifik; Pemahaman Konsep; Usaha dan Energi;
Subjects: Education, Research
Technology, Applied Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Linda Linda
Date Deposited: 05 Nov 2018 07:52
Last Modified: 05 Nov 2018 07:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/14305

Actions (login required)

View Item View Item