Pengaruh keaktifan mengikuti mentoring terhadap kedisiplinan shalat berjamaah mahasiswa: penelitian di Lembaga Dakwah Mahasiswa (LDM) UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Setiawan, Andri (2018) Pengaruh keaktifan mengikuti mentoring terhadap kedisiplinan shalat berjamaah mahasiswa: penelitian di Lembaga Dakwah Mahasiswa (LDM) UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (327kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari pengamatan pada mahasiswa Lembaga Dakwah Mahasiswa (LDM) UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang menunjukkan rendahnya kedisiplinan dalam beribadah terutama sholat berjamaah. Dengan adanya mentoring maka beberapa mahasiswa mampu meningkatkan kedisiplinannya dalam beribadah terutama shalat berjamaah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan mengikuti mentoring untuk meningkatkan kedisplinan shalat berjamaah. Manfaat dari penelitian ini memperkaya kajian tentang mentoring dan kedisiplinan shalat berjamaah. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data primer melalui angket,wawancara dan observasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Sampel penelitian berupa 35 responden menggunakan teknik purposive sampling dengan pertimbangan mengambil sampel yaitu mahasiswa LDM yang aktif mengikuti mentoring,berjenis kelamin laki-laki,dan sedang menempuh perkuliahan di semester 2-6. Alat ukur sampel menggunakan angket tertutup dengan skala likert variabel X berjumlah 18 item dan variabel Y berjumlah 20 item yang sudah divalidasi dan diuji reabilitasnya. Adapun pengujian pengaruh menggunakan uji regresi dan koefisien determinasi R2 (R Square). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan mengikuti mentoring berpengaruh signifikan terhadap disiplin shalat berjamaah dengan thitung = 12.296 dan α= 0,05. Hasilnya adalah thitung > ttabel yakni 12,296 > 2,034. Adapun persentase besaran pengaruh dari keaktifan mengikuti mentoring terhadap kedisiplinan shalat berjamaah dapat dilihat dari R2 sebesar 0,821 menggunakan rumus koefisien determinasi yakni besaran persentasi pengaruhnya adalah sebesar 82,1% dan persentse lainnya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: keaktifan mentoring; kedisiplinan shalat berjamaah
Subjects: Islam > Islamic Worship
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Andri Setiawan Setiawan
Date Deposited: 16 Oct 2018 04:51
Last Modified: 16 Oct 2018 04:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/14319

Actions (login required)

View Item View Item