Amanda, Lidya (2018) Penggunaan Animasi dan Alat Peraga untuk Mengurangi Beban Kognitif Siswa pada Materi Sistem Ekskresi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (461kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (679kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (545kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (397kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) | Request a copy |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Download (119kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari rendahnya kemampuan siswa dalam menerima dan mengolah informasi pada proses pembelajaran karena keterbatasan memori kerja yang berkaitan dengan beban kognitif siswa. Bertujuan untuk menganalisis pengurangan ketiga komponen beban kognitif yaitu, kemampuan siswa dalam menerima dan mengolah informasi (MMI), usaha mental (UM), serta hasil belajar (HB) yang diperoleh. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasy eksperiment dengan desain non-equivalent control group design. Instrumen yang digunakan adalah task complexity worksheet untuk mengetahui MMI, angket subjective ratting scale untuk mengetahui UM, dan soal pilihan ganda untuk mengetahui HB. Hasil analisis data pada taraf signifikansi 5% diketahui MMI, UM, dan HB kelas eksperimen dengan penggunaan animasi dan alat peraga memiliki perbedaan yang signifikan dengan kelas kontrol tanpa animasi dan alat peraga. Hal tersebut dapat terlihat dari nilai rata-rata MMI kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol (92,14 > 82,42), nilai rata-rata UM kelas eksperimen lebih kecil dari kelas kontrol (36,61 < 42,50), dan nilai rata-rata HB kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol (90,56 > 74,17). Dapat disimpulkan bahwa penggunaan animasi dan alat peraga pada materi sistem ekskresi dapat mengurangi beban kognitif yang dialami siswa, terlihat dari tingginya MMI, dan HB serta rendahnya UM yang dilakukan siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Beban Kognitif; Animasi; Alat Peraga; Sistem Ekskresi |
Subjects: | Special Computer Methods > Digital Video |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Lidya Amanda |
Date Deposited: | 26 Sep 2018 07:07 |
Last Modified: | 26 Sep 2018 07:07 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14326 |
Actions (login required)
View Item |