Margana, Rosita Meinia (2013) Tanggapan siswa terhadap model pembelajaran Learning Start with A Question hubungannya dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh: Penelitian pada siswa kelas VII MTs Mathla’ul Huda. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (292kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (698kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (493kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (778kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (291kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
Abstract
Penelitian ini bertolak dari fenomena motivasi siswa, yang diduga berhubungan dengan tanggapan siswa terhadap model pembelajaran Learning Start with A Question. Rendahnya motivasi belajar siswa terlihat dari masih ditemukan sebagian siswa yang tidak fokus dalam pembelajaran seperti mengantuk, ngobrol, dan cenderung pasif atau hanya mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru. Dari fenomena tersebut timbul permasalahan yang harus diteliti, yakni bagaimana hubungan tanggapan siswa terhadap model pembelajaran Learning Start with A Question dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui realitas tanggapan siswa terhadap model pembelajaran Learning Start with A Question, motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqh, dan hubungan antara tanggapan siswa terhadap model pembelajaran Learning Start with A Question dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqh. Penelitian ini berdasarkan pada asumsi bahwa tanggapan siswa terhadap model pembelajaran Learning Start with A Question sangat berkaitan dengan motivasi belajar. Dengan demikian, dapat diajukan hipotesis: semakin tinggi tanggapan siswa terhadap model pembelajaran Learning Start with A Question maka semakin tinggi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqh. Sebaliknya, semakin rendah tanggapan siswa terhadap model pembelajaran Learning Start with A Question maka semakin rendah motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik yang digunakan ialah teknik analisis korelasi, teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara dan angket. Analisis data yang digunakan adalah pendekatan deskripsi data. Hasil penelitian membuktikan bahwa tanggapan siswa terhadap model pembelajaran Learning Start with A Question (variabel X) berkategori sedang dengan rata-rata 3,30. Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqh berkategori sedang dengan rata-rata 3,20. Hubungan antar variabel X dan Y adalah positif dan signifikan ditunjukan dengan koefisien korelasi sebesar 0,21 termasuk dalam kualifikasi rendah. Berdasarkan uji hipotesis diketahui (thitung) = 1,37 < (ttabel) = 1,68, maka Hipotesis Alternatif (Ha) ditolak dan Hipotesis Nol (Ho) diterima. Variasi skor yang terjadi pada variabel Y diantaranya dapat dijelaskan oleh kontribusi varian variabel X sebesar 4,41%. Hal ini berarti masih terdapat faktor lain yang turut berkontribusi terhadap varian variabel Y sebesar 95,59%, diantaranya: guru, sarana dan prasarana, potensi anak didik, situasi dan kondisi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Siswa; Model Pembelajaran Learning Start with A Question; Motivasi Belajar; Siswa; Mata Pelajaran Fiqh |
Subjects: | Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 11 not found. |
Date Deposited: | 11 May 2016 02:01 |
Last Modified: | 17 Jul 2019 07:00 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/1439 |
Actions (login required)
View Item |