Astri Oktavia, Astri (1210501014) (2014) Perkembangan Pondok Pesantren Miftahul Falah di Gedebage Rancabolang Bandung pada Tahun 1990-2012. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (282kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (473kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (486kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) |
Abstract
Pesantren Miftahul Falah sudah berdiri sejak tahun 1937 berdasarkan piagam berdirinya dengan nomor statistik 51.2.32.73.10.009 yang didirikan oleh K.H Ahmad Syafii yang bertujuan untuk mengembangkan pendidikan agama Islam bagi masyarakat Gedebage Rancabolang. Walaupun pendirian Pesantren Miftahul Falah sudah cukup lama, tetapi perkembangan Pesantren Miftahul Falah sebagai suatu pendidikan Islam dinilai berpengaruh dan tetap bertahan sampai sekarang, dikarenakan adanya keunggulan ataupun faktor yang dimiliki sebuah Pesantren Miftahul Falah sebagai penunjang perkembangan tersebut. Masalah utama yang diteliti dalam penelitian ini adalah perkembangan yang terjadi di Pesantren Miftahul Falah dari segi lembaga, kurikulum, jumlah santri, serta sarana prasarananya dan faktor-faktor apa yang mendorong sehingga terjadinya perkembangan di Pesantren Miftahul Falah. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan yang terjadi di Pesantren Miftahul Falah dari segi lembaga, kurikulum, jumlah santri, serta sarana prasarananya dan untuk mengetahui faktor-faktor apa yang mendorong sehingga terjadinya perkembangan di Pesantren Miftahul Falah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi empat langkah yaitu tahapan: Heuristik (pengumpulan data/sumber-sumber sejarah), Kritik (seleksi sumber yang sudah terkumpul baik yang berupa lisan ataupun tulisan), Interpretasi (penafsiran sumber-sumber yang telah terkumpul), Historiografi (penulisan sejarah). Berdasarkan hasil penelitian, terungkap perkembangan Pondok Pesantren Miftahul Falah telah melebarkan sayapnya dengan mendirikan lembaga-lembaga baru seperti Diniyah, Ibtidaiyah, dan Tsanawiyah. Maka perkembangan Pesantren Miftahul Falah pada tahun 1990 sampai dengan 2001 lebih kepada aspek pengembangan lembaga formalnya, sehingga pendidikan yang diberikan bukan hanya seputar pendidikan agama saja tetapi juga pendidikan umum. Sedangkan untuk perkembangan non formal atau pesantren itu sendiri mengalami perkembangan pesat ketika tahun 2010-2012, pada masa kepemimpinan cucu K.H Ahmad Syafii yaitu Ustad Agus Ahmad Syakur, ditangan kepemimpinan Ustad Agus inilah maka pada tahun 2010-2012 Pesantren Miftahul Falah mengalami perkembangan yang cukup signifikan dari jumlah santri serta sarana dan prasarana. Perkembangan yang terjadi di Pesantren Miftahul Falah dapat dilihat dari berbagai segi, diantaranya adalah segi kepemimpinan yang dimana K.H Ahmad Syafii mempertahankan eksistensi Pesantren Miftahul Falah dengan jalan kontinuitas kepemimpinan, segi pendidikan, segi peserta didik (santri), dan segi sarana prasarana dari jumlah bangunan, fasilitas yang terus bertambah. Serta faktor yang mendorong terjadinya perkembangan yang terjadi di Pesantren Miftahul Falah didominasi oleh faktor internal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pondok pesantren, sejarah, santri |
Subjects: | Applied Psychology > Leadership Islam > Islamic Religious Education Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam |
Depositing User: | Users 234 not found. |
Date Deposited: | 10 Jun 2016 04:41 |
Last Modified: | 15 Jun 2016 05:29 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/1445 |
Actions (login required)
View Item |