Penerapan pendekatan realistic mathematics education untuk meningkatkan pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran matematika di MI: penelitian tindakan kelas di kelas III MI Ma'arif Harumansari Kabupaten Garut

Nurazizah, Novia (2018) Penerapan pendekatan realistic mathematics education untuk meningkatkan pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran matematika di MI: penelitian tindakan kelas di kelas III MI Ma'arif Harumansari Kabupaten Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (418kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan dengan pendekatan Realistic Mathematics Education di kelas III MI Ma’arif Harumansari Kabupaten Garut, yang dilatar belakangi bahwa masih rendah dan sangat kurang pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran matematika, karena guru pada saat menerangkan hanya memakai metode ceramah saja tanpa ada bantuan media atau alat pembelajaran ataupun model pembelajaran sehingga siswa merasa sulit untuk memahami materi yang disampaikan oleh guru. Kebanyakan siswa dalam pembelajaran matematika nilainya kurang dari standar kriteria ketuntasan mininum (KKM) yaitu 60. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran matematika melalui penerapan Realistic Mathematics Education untuk meningkatkan pemahaman belajar siswa kelas III MI Ma’arif Harumansari pada setiap siklus. Peningkatan pemahaman belajar siswa kelas III MI Ma’arif Harumansari Kabupaten Garut pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education pada setiap siklus dan akhir siklus. Penelitian dengan pendekatan Realistic Mathematics Education dilakukan untuk memperbaiki proses pembelajaran. Sebab pembelajaran dengan diterapkan pendekatan Realistic Mathematics Education ini memusatkan siswa untuk berpikir secara kontekstual atau dunia nyata dalam pembelajarannya harus dihubungkan atau dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari siswa baik di dekolah maupun di lingkungannya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus yang satu satu siklusnya terdiri dari dua tindakan. Setiap tindakan merupakan rangkaian kegiatan yang dimulai dari 1) perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Berdasarkan analisis penelitian yang telah dilakukan bahwa penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education terlaksana dengan baik. Hal ini dapt dilihat dengan meningkatnya hasil aktivitas guru dan aktivitas siswa pada setiap tindakan dan siklusnya. Aktivitas guru siklus I tindakan I adalah 71% dan tindakan II yaitu 81%, siklus II tindakan I adalah 90% dan tindakan II 95,3%. Sementara itu aktivitas siswa pada siklus I tindakan I adalah 60% dan tindakan II 73%. Meningkat pada siklus II tindakan I yaitu 83% dan tindakan II 95%. Pemahaman belajar siswa kelas III mata pelajaran matematika mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari siklus I memperoleh nilai rata-rata 56,5 dengan karegori kurang dan siklus II memperoleh nilai rata-rata 75,5 dengan kategori baik. Adapun akhir siklus memperoleh nilai rata-rata 82,3 termasuk ke dalam kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Matematika; Realistic Mathematics Education; Pemahaman Belajar Siswa;
Subjects: Mathematics > Research Methods of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Novia Nurazizah
Date Deposited: 01 Nov 2018 08:39
Last Modified: 01 Nov 2018 08:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/14452

Actions (login required)

View Item View Item