Manajemen sumber daya manusia pondok pesantren dalam mengoptimalkan kinerja santri: studi deskriptif di Pondok Pesantren Pagelaran II Sumedang Jawa Barat

Saefulloh, Ahmad (2018) Manajemen sumber daya manusia pondok pesantren dalam mengoptimalkan kinerja santri: studi deskriptif di Pondok Pesantren Pagelaran II Sumedang Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar_isi.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab I.pdf

Download (628kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar_pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy

Abstract

Dewasa ini, arus kehidupan semakin kompleks dengan segala kemungkinan dan kenyataan yang terjadi yang disebabkan oleh pesatnya teknologi dan perubahan social-kultural. Untuk menghadapi atau mengarungi kehidupan yang fana ini, tuntutan utama suatu keluarga adalah menjadikan anak-anaknya kelak menjadi insan kamil. Bidikan ini tertuju kepada pondok pesantren yang selain memiliki kecendrungan sebagai organisasi dakwah yang fokus terhadap pemahaman islam secara komprehensif, juga pondok pesantren pada dewasa ini harus memiliki pola organisasi yang baik dan rapih dalam mencetak santri yang mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi manajemen sumber daya manusia pondok pesantren pagelaran II sumedang, dan mengetahui bagaimana hasil kinerja santri di pondok pesantren pagelaran II sumedang. Mengacu terhadap perkembangan manajemen sumber daya manusia di dunia industri, yang memberikan penekanan terhadap perilaku manusia dan keberhasilan perusahaan, maka menjadi sebuah keharusan bagi pondok pesantren untuk menerapkan manajemen sumberdaya manusia agar lembaga pesantren efektif, mempunyai program-program, dan berjalan dengan pengendalian yang baik, sehingga tujuan pondok pesantren dapat tercapai dengan optimal. Adapun teknik pengumpulan data yaitu berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, studi dokumentasi dan wawancara, sehingga data yang terkumpul diinventarisir kemudian dianalisis untuk mendapatkan rumusan yang benar dan baik dengan pola berfikir induktif dan deduktif. Hasil Penelitian ini menemukan bahwa peran manajemen sumber daya manusia dalam mengoptimalkan kinerja santri di pondok pesantren pagelaran II sumedang diawali dengan pengolaan dalam bentuk fungsi perencanaan dan operasional yang baru. Terutama pengrekrutan jajaran assatidz yang berdedikasi dan berpendidikan tinggi masuk ke pondok pesantren pagelaran II. Sehingga keberlangsungan pesantren akan berinovasi dan pengendalian selalu sesuai dengan perkembangan zaman. Sehingga dapat disimpulkan bahwa manajemen sumber daya manusia di pondok pesantren pagelaran II sumedang telah dijalankan dengan baik dan menunjukan keberhasilan dalam upaya menyiapkan insan kamil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Sumber Daya Manusia; Pondok Pesantren
Subjects: Customs of People
General Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Ahmad Saefulloh
Date Deposited: 04 Oct 2018 03:29
Last Modified: 04 Oct 2018 03:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/14474

Actions (login required)

View Item View Item