Penerapan model pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic (VAK) untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada Materi Sistem Ekskresi

Nurfazriaty, Riri (2018) Penerapan model pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic (VAK) untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada Materi Sistem Ekskresi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (200kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada pembelajaran materi sistem ekskresi dengan menggunakan model pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic (VAK). Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experiment dengan desain One Group Pretest-Posttest. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Cibitung Kabupaten Bekasi. Kelas yang dijadikan sampel yaitu kelas XI MIPA 2 yang berjumlah 42 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, hasil belajar peserta didik pada materi sistem ekskresi dengan menggunakan model pembelajaran VAK memperoleh persentase ketuntasan KKM 69,05%. Rata-rata nilai post-test 78,67 dengan N-Gain sebesar 0,51 (kategori sedang). Sedangkan hasil belajar peserta didik pada indikator ranah kognitif tertinggi, yakni menganalisis (C4) sebesar 91,67% (kategori sangat baik). Hasil uji-t menunjukkan bahwa t hitung (9,36) > t tabel (2,02). Artinya, dengan taraf signifikansi 5% terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah pembelajaran materi sistem ekskresi dengan menggunakan model pembelajaran VAK. Maka, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic (VAK) berkontribusi membantu meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran materi sistem ekskresi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran VAK; Hasil Belajar; Materi Sistem Ekskresi
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Riri Nurfazriaty Riri Nurfazriaty
Date Deposited: 28 Feb 2019 00:56
Last Modified: 28 Feb 2019 00:56
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14595

Available Versions of this Item

  • Penerapan model pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic (VAK) untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada Materi Sistem Ekskresi. (deposited 28 Feb 2019 00:56) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item