Pengaruh model pembelajaran Search Solve Create and Share (SSCS) terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan : Penelitian pre-eksperimen pada siswa kelas VII SMP Negeri 08 Bandung

Sriwahyuni, Ayu (2018) Pengaruh model pembelajaran Search Solve Create and Share (SSCS) terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan : Penelitian pre-eksperimen pada siswa kelas VII SMP Negeri 08 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2 _Abstrak.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (399kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_ Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik yang rendah dibuktikan dengan pencapaian nilai peserta didik pada mata pelajaran IPA yang masih banyak yang di bawah KKM. Penggunaan model pembelajaran yang bervariatif memberikan solusi kepada para peserta didik untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran dan menggunakan segala kemampuannya dalam pembelajaran secara optimal. Salah satunya model pembelajaran SSCS. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan dan keterlaksanaan aktivitas guru dan peserta didik dalam pembelajaran serta menganalisis hasil belajar kognitif setelah diterapkan model SSCS pada materi pencemaran lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest design. Sampel penelitian terdiri 63 orang dari 2 kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan studi dokumentasi. Adapun instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, lembar observasi, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan penerapan model SSCS sangat layak digunakan dengan persentase 88,48% untuk RPP dan 90% untuk LKPD. Keterlaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model SSCS pada kelas VII A memperoleh persentase sebesar 97,5% untuk aktivitas guru dan 89,20% untuk aktivitas peserta didik, sedangkan pada kelas VII B memperoleh persentase sebesar 94,74% untuk aktivitas guru dan 88,24% untuk aktivitas peserta didik dengan kriteria sangat baik untuk kedua kelas tersebut. Hasil belajar memperoleh rata-rata nilai posttest VII A sebesar 80,46 dan VII B sebesar 77,25. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t berpasangan pada kelas VII A menunjukkan thitung > ttabel (12,34> 2,04) dan pada kelas VII B nilai thitung > ttabel (12,89 > 2,04), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Search Solve Create and Share dapat membantu hasil belajar siswa secara signifikan pada materi pencemaran lingkungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar siswa;model SSCS;Penerapan:Pencemaran Lingkungan
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Ayu Sriwahyuni
Date Deposited: 08 Oct 2018 07:24
Last Modified: 08 Oct 2018 07:24
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14639

Actions (login required)

View Item View Item