Moh Syahrizal, Moh (1209202118) (2014) Aktivitas Santri dalam Mengikuti Kegiatan Riyadhah Hubungannya dengan Akhlak Mereka Sehari-hari (Penelitian di Pondok Pesantren Darul Iman Karawang). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
3_bab1.pdf Download (548kB) | Preview |
|
Text (BAB III)
4_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
5_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) |
||
Text (BAB V)
6_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) |
Abstract
Berdasarkan keterangan yang diperbolehkan bahwa keadaan akhlak dari sebagian santri di Pondok Pesantren darul Iman Karawang yang suka melaksanakan kegiatan Riyadhah di Pesantren cenderung berakhlak baik, namun fenomena dilapangan berbeda, masih ditemukan santri yang mempunyai akhlak yang belum sesuai dengan ajaran-ajaran agama, misalnya masih adanya santri yang berbicara dengan kata-kata kasar dan kurang sopan, serta membuang sampah sembarangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas santri Pondok Pesantren Darul Iman dalam melaksanakan kegiatan riyadhah di pesantren, untuk mengetahui realitas akhlak siswa sehari-hari di pondok pesantren Darul Iman dan untuk mengetahui realitas hubungan antara aktivitas santri dalam mengikuti kegiatan riyadhah hubungannya dengan akhlak mereka sehari-hari di pondok pesantren Darul Iman Karawang. Penelitian ini bertolak pada pemikiran riyadhah merupakan alat yang sangat penting dalam membentuk akhlak manusia, karena dengan menghiasi diri kita dengan riyadhah, maka Allah SWT memperindah bathinnya dengan kemampuan musyahadah yakni menyaksikan keagungan Allah SWT dengan hatinya. Sehingga orang yang hatinya musyahadah akan berakhlak baik, karena akhlak merupakan cerminnya bathin, yang mana jika hatinya musyahadah maka akan tercermin akhlak yang baik seperti sifat Allah SWT. Sebaliknya jika hatinya tidak Musyahadah maka akan berakhlak buruk seperti sifat nafsu dan setan. Oleh karena itu hipotesis yang diajukan adalah semakin tinggi aktivitas santri dalam mengikuti kegiatan Riyadhah maka akan semakin tinggi pula akhlak mereka sehari-hari. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif, karena metode ini dipandang cocok untuk penelitian ini. Metode deskriptif menggambarkan hasil penelitian. Teknikyang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. Observasi dan studi dokumentasi. Penyebaran angket ditujukan kepada 41 santri sebanyak 25 item. Setelah data terkumpul maka dianalisis melalui analsisis data dan analisis korelasi. Hasil penelitian diketahui realitas aktivitas santri dalam mengikuti kegiatan Riyadhah di pesantren menunjukan kategori cukup atau sedang, yaitu sebesar 3,24 yang berada pada interval 2,60 – 3,39 dan akhlak sehari-hari sebesar 3,69 yang menunjukkan kategori tinggi, karena berada pada interval 3,40 – 4,19. Adapun analisis korelasi mengenai kedua variabel sebesar 0,83 dan termasuk korelasi tinggi yang berada pada interval 0,81 – 1,00. Sedangkan signifikansi korelasinya diperoleh t hitung (10,45) > t tabel (1,94). Hal ini berarti menunjukan terdapat hubungan yang signifikan antara keduanya. Adapun pengaruh variabel X terhadap Y sebesar 45 %. Hal ini menggambarkan masih ada factor lain sebesar 55% yang berkontribusi terhadap variasi skor akhlak siswa sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Santri, Riyadhah, Akhlak |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 11 not found. |
Date Deposited: | 12 May 2016 02:38 |
Last Modified: | 16 May 2016 09:18 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/1469 |
Actions (login required)
View Item |