Penerapan pendekatan saintifik berbantuan simulasi PhET pada konsep asam basa

Nuraida, Okia (2018) Penerapan pendekatan saintifik berbantuan simulasi PhET pada konsep asam basa. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (247kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy

Abstract

Okia Nuraida : Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Simulasi PhET pada Konsep Asam Basa. (Penelitian terhadap Siswa Kelas XI MIPA 6 SMA Negeri 1 Cileunyi) Alternatif untuk pembelajaran level subsmikroskopik larutan asam basa dibantu simulasi PhET dengan menggunakan pendekatan saintifik dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan aktivitas siswa, menganalisis kemampuan kognitif siswa tiap tahapan pendekatan saintifik, dan menganalisis peningkatan hasil belajar siswa sesudah diterapkannya pendekatan saintifik berbantuan simulasi PhET. Metode penelitian yang digunakan yaitu pra eksperimen one group pretest posttest. Subyek penelitian terdiri dari 30 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan penerapan pendekatan saintifik 96% dan dinyatakan baik sekali. Kemampuan kognitif siswa setiap tahapan pendekatan saintifik mendapatkan rata-rata nilai pada tahap menanya 81; mengumpulkan data 80; dan mengasosiasi 97 dengan predikat sangat baik. Terjadi peningkatan yang signifikan pada hasil belajar kognitif siswa setelah penerapan pendekatan saintifik berbantuan simulasi PhET dengan thitung > ttabel (26,92 > 2,052) dengan nilai signifikansi 0,00. Hasil rekapitulasi n-gain pretest posttest untuk rata-rata setiap kelompok 0,8 dengan kriteria tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa adanya perkembangan kemampuan kognitif siswa pada saat dan setelah diterapkannya penerapan pendekatan saintifik berbantuan simulasi PhET pada konsep asam basa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan saintifik; simulasi PhET; asam basa; peningkatan kemampuan kognitif;
Subjects: Education > Statistic of Education
Chemistry and Allied Science > Research and Statistical Methods of Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Okia Nuraida
Date Deposited: 10 Oct 2018 08:28
Last Modified: 10 Oct 2018 08:28
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14692

Actions (login required)

View Item View Item