Analisis pengaruh volume dan material phantom silinder terhadap nilai Size Spesific Dose Estimates (SSDE) menggunakan simulasi Monte Carlo EGSnrc

Patmawati, Nopi (2018) Analisis pengaruh volume dan material phantom silinder terhadap nilai Size Spesific Dose Estimates (SSDE) menggunakan simulasi Monte Carlo EGSnrc. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (161kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang analisis pengaruh volume dan material phantom silinder terhadap nilai Size Spesific Dose Estimates (SSDE) dengan menggunakan simulasi Monte Carlo EGSnrc. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perbandingan distribusi dosis berkas foton dan nilai SSDE yang dihasilkan dari tabung sinar-X Varian OBI v1.4 pada phantom silinder dengan memvariasikan volume dan material phantom. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan software EGSnrc dengan dua program utama, yaitu BEAMnrc untuk simulasi dan pemodelan tabung sinar-X Varian OBI v1.4 dan DOSRZnrc untuk desain dan simulasi phantom silinder. Phantom yang digunakan memiliki variasi diameter 5, 7, 8, 9, 10, 11, 13, 14, 15, 17, 20, dan 25 cm dan variasi panjang 10, 15, 17, 19, 20, 21, 23, 25, dan 30 cm. Material yang digunakan pada phantom homogen adalah air, sedangkan pada phantom heterogen adalah air yang disispkan tulang. Data distribusi dosis yang diperoleh digunakan untuk menghitung nilai CTDI dan SSDE dengan metode trapezium pada Microsoft Excel. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa variasi volume dan material phantom berpengaruh terhadap nilai SSDE. Pada variasi volume nilai SSDE dipengaruhi oleh diameter dan panjang phantom. Nilai SSDE akan semaking berkurang ketika diameter phantom semakin besar dan akan meningkat ketika panjang phantom bertambah. Ketika dilakukan kombinasi variasi diameter dan panjang phantom, nilai SSDE akan yang dihasilkan akan mengikuti pola pada variasi diameter dan panjang phantom.Nilai SSDE pada phantom homogen lebih besar dibandingkan phantom heterogen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: tabung sinar-X; distribusi dosis; phantom silinder; CTDI; SSDE;
Subjects: Medicine and Health > Medical Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Fisika
Depositing User: Nopi Nopi Patmawati
Date Deposited: 25 Oct 2018 04:59
Last Modified: 25 Oct 2018 04:59
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/14756

Actions (login required)

View Item View Item