Rahayu, Meilyna (2018) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan kemampuan argumentasi siswa pada materi sistem respirasi manusia. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (274kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (586kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (457kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (476kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian berawal dari permasalahan terkait pembelajaran biologi yang kurang menekankan kemampuan argumentasi siswa. Hal tersebut disebabkan kondisi siswa dan pembelajaran di kelas yang kurang memberikan perhatian dan kesempatan dalam melatih kemampuan argumentasi siswa nya. Sehingga siswa kesulitan dalam mengasah argumen-argumennya dalam pembelajaran biologi. Dengan demikian, guru harus memberikan inovasi pembelajaran dikelas yang mampu memberikan kesempatan pada siswa untuk meningkatkan kemampuan argumentasinya khususnya pada pembelajaran biologi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan argumentasi siswa dengan menggunakan model TTW pada materi sistem respirasi manusia. Selain itu, untuk mengetahui proses keterlaksanaan dan respon siswa terhadap penggunaan model TTW dalam pembelajaran. Metode yang digunakan adalah Pre-Experimental, dengan desain one group pretest-posttest design. Subjek penelitian berasal dari kelas XI IPA yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif yang berasal dari instrumen penelitian berupa lembar observasi, tes tulis dan angket. Hasil penelitian keterlaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan model TTW diperoleh masing-masing nilai rata-rata aktivitas guru dan siswa sebesar 86,66% dan 85,48% kategori sangat baik. Peningkatan kemampuan argumentasi siswa menggunakan model TTW pada materi sistem respirasi diperoleh nilai N-Gain 0,64 termasuk kategori sedang dan rata-rata kualitas argumentasi siswa berada pada level 4. Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan model TTW diperoleh nilai rata-rata angket siswa mencapai 82,13% dengan kategori tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran TTW dalam pembelajarn dapat membantu meningkatkan kemampuan argumentasi siswa pada materi sistem respirasi manusia.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan argumentasi; Think Talk Write; sistem respirasi |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Meilyna Rahayu |
Date Deposited: | 04 Oct 2018 05:16 |
Last Modified: | 04 Oct 2018 05:16 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14764 |
Actions (login required)
View Item |