Pengaruh Emotional Intellegence terhadap Akhlaq Siswa Sehari-hari (Penelitian pada Siswa Kelas XI SMA Mekar Arum Cinunuk Bandung)

Vera Yusman, Vera (1210202181) (2014) Pengaruh Emotional Intellegence terhadap Akhlaq Siswa Sehari-hari (Penelitian pada Siswa Kelas XI SMA Mekar Arum Cinunuk Bandung). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (676kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (974kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan diperoleh informasi bahwa Emotional Intellegence siswa mengikuti proses belajar di sekolah cukup tinggi, tetapi disamping itu akhlaq siswa sehari-hari disekolah masih rendah. Hal tersebut menunjukan adanya kesenjangan antara tingginya emotional intelligence siswa mengikuti proses belajar di sekolah dengan akhlaq siswa sehari-hari dan penulis menganggap hal ini sangat menarik untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui realitas emotional intellegence siswa, realitas akhlaq siswa dan realitas pengaruh emotional intelligence terhadap akhlaq siswa kelas XI SMA Mekar Arum Cinunuk Bandung. Penelitian ini didasarkan pada asumsi teoritis bahwa emotional Intellengence siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah akhlaq siswa mengikuti proses belajar di sekolah. Dari asumsi teoritis tersebut di ajukan hipotesis bahwa semakin tinggi emotional intellegence siswa mengikuti proses belajar di sekolah, maka semakin tinggi pula akhlaq mereka sehari-hari dan begitupunsebaliknya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Cara pengumpulan datanya dengan tes, angket, observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Sampel dalam penelitian ini adalah 40 siswa. Analisis datanya dilakukan dengan pendekatan logika untuk data kualitatif dan pendekatan statistik untuk data kuantitatif dengan menempuh analisis deskriptif dan analisis korelasi. Dari hasil analisis, diketahui bahwa emotional intellegence siswa mengikuti proses belajar di sekolah (X) sebesar 3,89 termasuk pada kategori tinggi karena berada pada interval 3,6 – 4,5. Adapun akhlaq mereka sehari-hari (Y) sebesar 72,3 termasuk pada kategori tinggi karena berada pada interval 70-79. Hubungan antara keduanya ditunjukan dengan koefisiensi korelasi sebesar 0,92, yakni termasuk pada kategori sangat tinggi karena berada pada interval 0,81-1,00. Hasil uji hipotesis pada taraf signifikasi 5% menunjukan t hitung 14,46 > t tabel 1,69. Artinya Ha diterima yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara variabel X dengan variable Y. Kemudian kadar pengaruh variabel X dengan variable Y sebesar 20%. Ini berarti masih ada faktor lain sebesar 80% yang mempengaruhi variable Y yaitu akhlaq mereka sehari-hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Emotional Intellegence, Akhlaq, Siswa
Subjects: Sensory Perception, Movement, Emotions, Physiological Drives > Emotions and Feeling
Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 12 May 2016 06:58
Last Modified: 16 May 2016 09:19
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1478

Actions (login required)

View Item View Item