Nisfia, Rakhmatun (2018) Hubungan antara kemampuan siswa membuat peta konsep dengan keterampilan berkomunikasi siswa pada materi sistem saraf: penelitian korelasional pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Serang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_ Cover.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ Abstrak.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_ daftar isi.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_ bab 1.pdf Download (408kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_ bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (548kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_ bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (548kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_ bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (652kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_ bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR ISI)
9_ Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (339kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang harus bertindak lebih aktif dan kreatif saat pembelajaran di kelas, maka strategi pembelajaran peta konsep diterapkan agar pembelajaran semakin bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan strategi peta konsep dengan keterampilan berkomunikasi siswa. Metode yang digunakan adalah metode korelasional. Sampel penelitian yang digunakan satu kelas sebanyak 36 siswa yaitu kelas XI MIPA 4. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan non tes. Instrumen penelitian diantaranya lembar observasi, tes peta konsep, wacana sistem saraf, tes keterampilan berkomunikasi dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukan keterlaksanaan proses pembelajaran menggunakan strategi peta konsep berjalan dengan sangat baik. Kemampuan siswa membuat peta konsep dalam kategori sedang dengan rata-rata 73.94. Keterampilan berkomunikasi siswa setelah dilakukan pretest dan posttest meningkat dengan perhitungan N-Gain pada katergori sedang sebesar 0.32. Hubungan siswa membuat peta konsep dengan keterampilan berkomunikasi siswa sebesar 0.80 pada kategori tinggi, hasil uji hipotesis menunjukan r hitung (0.80) > r tabel (0.34) artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian, maka strategi peta konsep berhubungan kuat dengan keterampilan berkomuikasi tulisan dan membantu siswa pada pembelajaran materi sistem saraf.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | korelasi; Peta Konsep; Keterampilan Berkomunikasi; Sistem Saraf |
Subjects: | Biology > Biologist Education and Research of History |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Nisfia Rakhmatun Nisa |
Date Deposited: | 25 Oct 2018 04:18 |
Last Modified: | 25 Oct 2018 04:53 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14885 |
Actions (login required)
View Item |