Model praktikum problem Solving Laboratory untuk meningkatkan keterampilan proses Sains Mahasiswa

Malik, Adam and Handayani, Wahyuni and Nuraini, Rany (2015) Model praktikum problem Solving Laboratory untuk meningkatkan keterampilan proses Sains Mahasiswa. In: Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2015, 8-9 Juni 2015, Bandung.

[img]
Preview
Text (Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2015)
Prosiding SNIPS 2015.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil studi pendahuluan yang dilakukan di Program Studi Pendidikan Fisika pada mata kuliah Laboratorium Fisika Sekolah Lanjutan I menunjukkan mahasiswa saat praktikum masih bergantung pada modul, belum terampil dalam menggunakan alat praktikum dan mengambil data dengan benar. Hal tersebut terbukti nilai keterampilan proses sains mahasiswa rendah ketika diuji. Sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan proses sains mahasiswa maka digunakan model praktikum problem solving laboratory. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterlaksanaan setiap tahapan model praktikum dan peningkatan keterampilan proses sains mahasiswa. Metode penelitiannya pre-experimental dengan desain one group pretest-posttest design. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dimana sampel yang terpilih mahasiswa Pendidikan Fisika kelas A angkatan 2012. Data mengenai keterlaksanaan setiap tahapan model yang dilakukan peneliti dan mahasiswa diperoleh melalui lembar observasi dan data peningkatan keterampilan proses sains mahasiswa melalui tes berupa soal uraian. Hasil penelitian selama empat kali pertemuan diperoleh persentase rata-rata keterlaksanaan aktivitas peneliti 96% dan persentase rata-rata aktivitas mahasiswa 86,1%. Hal tersebut menunjukkan keterlaksanaan setiap tahapan model praktikum problem solving laboratory berlangsung sangat baik. Berdasarkan uji hipotesis dihasilkan H ditolak yang artinya terdapat peningkatan keterampilan proses sains mahasiswa setelah diterapkan model praktikum problem solving laboratory dengan nilai rata-rata N-gain 0,47 berkategori sedang. Dengan demikian model problem solving laboratory dapat diterapkan sebagai upaya meningkatkan keterampilan proses sains mahasiswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Dr Adam Malik
Date Deposited: 05 Oct 2018 16:29
Last Modified: 08 Oct 2018 10:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/14915

Actions (login required)

View Item View Item