Model praktikum Concrete-Representational-Abstract (CRA) untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa

Malik, Adam and Nur Utami, Syifa and Mulhayatiah, Diah (2015) Model praktikum Concrete-Representational-Abstract (CRA) untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. In: Seminar Nasional Fisika (SiNaFi) 2015, 21 November 2015, Bandung.

[img]
Preview
Text
2. Prosiding SiNaFi 2015.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Keterampilan Proses Sains (KPS)siswa dengan menggunakan model praktikum Concrete Represent Abstract (CRA) pada materi alat-alat optik. Metode penelitian yang digunakan pre-experimental dengan desain one group pretest-posttest design dengan subjek penelitian siswa kelas X MIA 3 SMAN 1 Margahayu. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes uraian. Uji Wilcoxon pair test digunakan untuk menguji hipotesis peningkatan KPS siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan KPS dengan N-gain sebesar 0,78 berkategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan model praktikum CRA dapat meningkatkan KPS siswa kelas X MIA 3 SMAN 1 Margahayu.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Dr Adam Malik
Date Deposited: 08 Oct 2018 09:49
Last Modified: 08 Oct 2018 09:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/14925

Actions (login required)

View Item View Item