Analisis penerimaan retribusi daerah dalam peningkatan pendapatan asli daerah pada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Subang

Salimah, Elva (2018) Analisis penerimaan retribusi daerah dalam peningkatan pendapatan asli daerah pada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Subang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (741kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (723kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (936kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (986kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (809kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (808kB) | Request a copy

Abstract

Retribusi daerah merupakan salah satu sumber penerimaan pemerintah daerah atau pendapatan asli daerah yang digunakan untuk kepentingan pembiayaan rumah tangga pemerintah daerah. PEMDA Tingkat II Kabupaten Subang merupakan salah satu Kabupaten yang menjadikan retribusi daerah sebagai salah satu sumber pendapatan asli di daerahnya. Pada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Subang, ditemukan beberapa permasalahan yang meliputi: Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) secara signifikan dari tahun ke tahun, tetapi penerimaan pada sektor retribusi mengalami fluktuasi dalam pencapaian target yang ditentukan dan penerimaan retribusi daerah belum optimal sehingga penerimaan pada sektor retribusi dalam realisasinya dapat dikatakan tidak efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerimaan retribusi daerah dalam peningkatan pendapatan asli daerah pada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Subang. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan meliputi studi pustaka, observasi dan wawancara terhadap informan yaitu KABID Pendapatan I. Penelitian ini menggunakan analisis pertumbuhan, analisis kontribusi dan analisis SWOT sebagai penunjang. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa penerimaan retribusi daerah dalam peningkatan pendapatan asli daerah pada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Subang, dari hasil peritungan analisis pertumbuhan pencapaian persentasenya kurang tinggi dikarenakan (kurang dari 60%). Dan untuk hasil perhitungan analisis kontribusi juga dikatakan kurang, hal ini dikarenakan pencapaian persentase kontribusi yang tiap tahunnya relatif kecil (kurang dari 20%).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penerimaan Retribusi Daerah; Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD);
Subjects: Administration of Economy
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Elva Salimah Effendi
Date Deposited: 08 Oct 2018 04:26
Last Modified: 08 Oct 2018 04:26
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/14938

Actions (login required)

View Item View Item