Kemampuan manajerial kepala sekolah: penelitian di SMP Al-Aamanah Cileunyi

Sapitri, Ulfah (2018) Kemampuan manajerial kepala sekolah: penelitian di SMP Al-Aamanah Cileunyi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (401kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (BAN IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy

Abstract

Kepemimpinan merupakan objek utama dalam sebuah lembaga. Maju dan tidaknya sebuah lembaga akan bergantung kepada kinerja pemimpin dalam proses mempengaruhi para anggota melalui kecakapan, interaksi, kerja sama, serta keahlian lainnya dalam proses mendayagunakan dan mengembangkan sumber daya organisasi. Kepala sekolah dalam lembaga pendidikan menduduki posisi tertinggi . Kepala sekolah harus pandai membawa lembaga ke arah yang lebih baik terutama dalam menciptakan mutu. Mutu tercipta karena keefektifan pemimpin menjalankan manajerialnya dalam mendayagunakan seluruh sumber daya terutama sumber daya manusia (guru dan siswa). Tujuan pokok penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan dan pelaksanaan manajerial Kepala sekolah yang diterapkan di SMP Al-Amanah Cileunyi, meliputi technical skill (kemampuan teknik), human skill (kemampuan hubungan kerja sama), dan conceptual skill (kemampuan konseptual.Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, menggunakan rancangan studi kasus, data diperoleh dari wawancara berupa pendapat,tanggapan, informasi, konsep dan keterangan yang berbentuk uraian dalammengungkapkan masalah, kajian dokumen dan observasi lapangan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Kepala sekolah memenuhi tiga aspek kemampuan yang harus dimiliki dilihat dari latar belakang dan prestasi yang telah diraihnya; 2) Kepala sekolah dalam melakukan kegiatan teknis secara manajerial memberikan tanggungjawab kepada wakil bidang sarana dan prasarana; 2) Kepala sekolah dalam melakukan kerja sama dengan seluruh warga sekolah adalah menjalin komunikasi yang baik dan harmonis dan berperan sebagai orang tua; 3) Kepala sekolah dalam melakukan kegiatan konseptual perumusan visi misi dan rencana kerja melibatkan seluruh pihak warga sekolah; 4) Faktor pendukung kegiatan manajerial kepala sekolah yaitu: Pengalaman kerja selama tujuh tahun di sekolah yang sama membuat kepala sekolah memahami budaya yang ada serta adanya kesadaran dari seluruh warga sekolah akan tupoksinya masing-masing. Sedangkan faktor penghamabatnya adalah kurang adanya inkonsistensi baik dari warga sekolah maupun kepala sekolah sendiri serta sarana pendukung yang belum maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kemampuan; manajerial; kepala sekolah;
Subjects: General Management > Personnel Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ulfah Sapitri
Date Deposited: 30 Nov 2018 06:45
Last Modified: 30 Nov 2018 06:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/14949

Actions (login required)

View Item View Item