Pengaruh pendapatan margin murabbahah dan sewa ijarah terhadap laba operasional pada PT.Bank BNI Syariah Priode 2012-2017

Naila, Shofia (2018) Pengaruh pendapatan margin murabbahah dan sewa ijarah terhadap laba operasional pada PT.Bank BNI Syariah Priode 2012-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djat Bandung.

[img] Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (0B)
[img] Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (0B)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf

Download (0B)
[img] Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (0B)
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B) | Request a copy

Abstract

Pendapatan Murabahah merupakan akad jual beli yang menyatakan harga asal dan keuntungan yang disepakati kedua belah pihak penghasilan yang timbul akibat dari aktivitas perusahaan yang biasa dan dikenal dengan sebutan yang berbeda seperti penjualan, penghasilan jasa (fees), bunga, dividen, riyalty dan sewa sedangkan sewa ijarah adalah akad antara (mu’ajjir) dengan nasabah (muttaajir) untuk menyewa suatu barang atau objek sewa dan bank tersebut dapat imbalan jasa atas barang yang disewa. Dari produk tersebut bank mendapatkan pendapatan yang kemudian pendapatan tersebut menyumbang terhadap laba yang diperoleh. Sehingga pendapatan margin murabahah dan sewa ijarah memiliki kontribusi terhadap laba operasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pendapatan margin murabahah terhadap laba operasional secara parsial, pendapatan sewa ijarah terhadap laba operasional secara parsial serta pengaruh pendapatan margin murabahah dan sewa ijarah terhadap laba operasional secara simultan pada PT. Bank BNI Syariah Periode 2012-2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan berupa angka yang diperoleh dari laporan keuangan PT. Bank BNI Syariah yang telah dipublikasi. Teknik yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan berganda, analisis korelasi parsial dan simultan, analisis koefisien determinasi, uji t serta uji f, untuk pengolahan data digunakan program SPSS Versi 16 dan Microsoft Excel 2007 sebagai alat bantu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh pendapatan margin murabahah terhadap laba operasional secara parsial sebesar 88,1% dan sisanya sebesar 11,9% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. Sewa ijarah terhadap laba operasional secara parsial sebesar 90,6% dan sisanya sebesar 9,4% dipengaruhi faktor yang tidak diteliti. Secara simultan, pengaruh margin murabahah dan sewa ijarah terhadap laba operasional sebesar 92,0% dan sisanya 8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteiliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Margin Murabahah; Sewa Ijarah; Laba Operasional;
Subjects: Accounting > Data Processing and Analysis of Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Shofia Naila Amani
Date Deposited: 21 Nov 2018 04:00
Last Modified: 21 Nov 2018 04:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15066

Actions (login required)

View Item View Item