Rahmaniah, Puja Fauza (2018) Pembuatan e-module pada materi larutan penyangga berorientasi kemampuan berpikir kritis. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (176kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (402kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan tampilan dan kelayakan penggunaan e-module pada materi larutan penyangga berorientasi kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis dibutuhkan dalam pembelajaran kimia karena berpikir kritis berkaitan bagaimana siswa berpikir dan mengajukan permasalahan secara kritis tentang konsep yang dipelajari. Salah satu materi kimia yang perlu dipahami melalui berpikir kritis yaitu larutan penyangga. Larutan penyangga merupakan materi kimia yang termasuk konsep abstrak contoh konkret dan konsep yang kompleks berkaitan dengan konsep lainnya diantaranya konsep asam-basa dan kesetimbangan kimia sehingga kemampuan berpikir kritis sangat diperlukan. Oleh karena itu, perlu adanya sumber belajar yang dapat membantu peserta didik dalam memahami materi yang abstrak dengan memvisualisasikan dalam bentuk video, animasi, dan simulasi. Melalui Design Based Research dengan tahapan analisis, desain dan pengembangan telah dihasilkan e-module larutan penyangga berorientasi kemampuan berpikir kritis. E-module menampilkan gambar, animasi, video, dan simulasi yang disesuaikan dengan kemampuan berpikir kritis. Dari hasil validasi dan uji kelayakan dinyatakan valid dengan interpretasi cukup tinggi pada aspek substansi materi (rhitung = 0,79), aspek evaluasi (rhitung = 0,77), serta aspek tampilan dan navigasi (rhitung = 0,79) sedangkan interpretasi tinggi pada aspek pembelajaran (rhitung = 0,81) dan sangat layak digunakan dengan nilai rata-rata persentase sebesar 97,79%. Hal tersebut memberikan kesimpulan bahwa e-module pada materi larutan penyangga berorientasi kemampuan berpikir kritis sangat layak digunakan sebagai bahan ajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-module; larutan penyangga;kemampuan berpikir kritis |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Puja Fauza Puja Fauza Rahmaniah |
Date Deposited: | 08 Oct 2018 08:08 |
Last Modified: | 08 Oct 2018 08:08 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15102 |
Actions (login required)
View Item |