Fatonah, Elin Siti (2015) Tanggapan Siswa Terhadap Intensitas Orang Tua dalam Membiasakan Salat Fardu Hubungannya dengan Kedisiplinan Mereka Melaksanakan Salat Fardu Sehari-hari: Penelitian pada Siswa Kelas VIII-C MTs Ma'arif Tanjungsari. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (678kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (875kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (824kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa intensitas orangtua dalam membiasakansalatfardumerupakan upaya yang dilakukan orang tua dalam membentuk pribadi anak yang disiplindalammelaksanakansalat, Berdasarkan studi pendahuluan di MTs Maarif Tanjungsari, menunjukkan bahwa walaupun orang tua telah berupaya dalam meningkatkan kebiasaansalatfardupadaanaknyamestinyakedisplinanitumempengaruhipadakebiasaananak-anakmereka, akantetapi masihditemukan beberapa siswa yangkedisiplinansalatnyarendahbahkantidakmelaksanakansalatpadasehari-harinya, sehingga timbul permasalahan yang menarik unuk di teliti, yakni apakah terdapat hubungan antara tanggapansiswaterhadap intensitas orang tuadalammembiasakansalatfardu dengan kedisiplinan melaksanakan salat fardu sehari-hari Tujuan dari penelitian iniadalahuntuk mengetahui (1) tanggapan siswa kelas VIII-C MTs Ma’arif Tanjungsari terhadap intensitas orang tua dalam membiasakansalatfardu; (2) kedisiplinansiswadalammelaksanakansalatfardusehari-hari,serta (3) hubunganantaratanggapansiswaterhadapintensitas orang tuadalammembiasakansalatfardudengankedisiplinanmerekamelaksanakansalatfardusehari-hari. Penelitian ini bertolak dari asumsi teoritis, bahwakedisiplinan siswamelaksanakan salat fardu sehari-hari berkaitandenganpembiasaan yang baik yang dilakukanoleh orang tuamereka di rumah.dariasumsiinidiajukanhipotesisyaknisemakinpositifardu, makaakansemakintinggi pula kedisiplinanmerekadalammelaksanakansalatfardusehari-hari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang diarahkan untuk memecahkan masalah dengan cara memaparkan atau menggambarkan hasil penelitian. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkann data adalah: angket, observasi, wawancara, studi dokumentasi. Penyebaran angket ditujukan kepada 40 siswa sebanyak 40 item, setelah data terkumpul maka dianalisis melalui analisis data dan analisis korelasi. Hasilpengolahan data diperolehkesimpulanbahwa (1) tanggapansiswaterhadapintensitas orang tuadalammembiasakansalatfardumenunjukankategorisedang, skorsebesar 3,14 yang beradapada interval 2,60-3,39; (2) Kedisiplinansiswadalammelaksanakansalatfardusehari-haritermasukkategoritinggi, skor 3,45 yang beradapada interval 3,40-4,19; Adapun (3) hubunganantarakeduavariabeltersebutkoefisienkorelasinyasebesar 0,20. Sedangkansignifikasiantarakeduanyadiperoleht_(hitung )lebih besardaripadat_(tabel )yaitu 27,37<1,68 hal ini berarti menunjukkan terdapat hubungan ang signifikan antara keduanya. Adapun determinasi variabel X terhadap Y sebesar 3 % hal ini menunjukkan bahwa masih terdapat 97 % dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kebiasaan; disiplin; shalat fardhu |
Subjects: | Islam > Salat |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fina Halimatu Sadiah |
Date Deposited: | 08 Oct 2018 01:39 |
Last Modified: | 08 Oct 2018 01:39 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15128 |
Actions (login required)
View Item |