Pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Net Operating Margin (NOM) terhadap Return On Equity (ROE) pada PT. Bank Mega Syariah periode 2014-2016

Nurjanah, Suci (2018) Pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Net Operating Margin (NOM) terhadap Return On Equity (ROE) pada PT. Bank Mega Syariah periode 2014-2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (288kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy

Abstract

Bank sebagai badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali, secara umum tujuannya adalah memaksimalkan laba. Salah satu indikator utama yang dijadikan sebagai dasar penilaian adalah laporan keuangan bank yang bersangkutan. Berdasarkan laporan keuangan akan dapat dihitung sejumlah rasio keuangan yang lazim dijadikan sebagai dasar penilaian tingkat kesehatan bank. Rasio FDR yaitu rasio yang digunakan untuk mengukur seberapa jauh kemampuan bank dalam membayar kembali penarikan dana yang dilakukan deposan dan NOM menunjukan kemampuan manajemen bank dalam pengelolaan aktiva produktif. Kedua rasio ini akan berpengaruh terhadap rasio ROE karena menunjukkan bahwa bank bisa mengelola modalnya sendiri dan bisa menghasilkan laba yang tinggi bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui dan menganalisa pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Return On Equity (ROE); 2) pengaruh Net Operating Margin (NOM) terhadap Return On Equity (ROE); dan 3) pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Net Operating Margin (NOM) terhadap Return On Equity (ROE) pada PT. Bank Mega Syariah Periode 2014-2016. Analisis dilakukan melalui pendekatan kuantitatif dengan metode statistik untuk menguji hipotesis. Penelitian ini menggunakan jenis data kuantitatif. Sumber data penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data sekunder. Dimana data yang diteliti diperoleh dari Laporan Keuangan PT Bank Mega Syariah periode 2014-2016 yang diterbitkan oleh PT Bank Mega Syariah dalam website resmi Bank Mega Syariah. Hasil penelitian menunjukkan 1) Financing to Deposit Ratio (FDR) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Return On Equity (ROE) dengan hasil koefisien determinasi sebesar 0,7% dan sisanya sebesar 99,3% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian; 2) Net Operating Margin (NOM) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Return On Equity (ROE) dengan hasil koefisien determinasi sebesar 24,9% sedangkan sisanya sebesar 75,1% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian; 3) Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Net Operating Margin (NOM) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return On Equity (ROE) secara simultan dengan hasil koefisien determinasi sebesar 43,9% sedangkan 56,1% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Financing to Deposit Ratio (FDR); Net Operating Margin (NOM); Return On Equity (ROE)
Subjects: Econmics
Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Accounting
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Suci Nurjanah
Date Deposited: 11 Oct 2018 06:43
Last Modified: 11 Oct 2018 06:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15129

Actions (login required)

View Item View Item