Yusup, Iqbal Maulana (2018) Pengaruh program Pengembangan Pendidikan Agama Islam (PPAI) terhadap akhlak siswa di SMK Bakti Nusantara 666 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (351kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (381kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (521kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (555kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (427kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (743kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) | Request a copy |
Abstract
INDONESIA Berdasarkan studi pendahuluan di SMK Bakti Nusantara 666 Bandung bahwa di sekolah tersebut terdapat kegiatan yang berkaitan dengan keagamaan yang dinamakan dengan Program Pengembangan Pendidikan Agama Islam (PPAI). Kegiatan tersebut wajib diikuti oleh seluruh siswa dengan harapan sebagai pembinaan akhlak siswa. Maka dari itu penulis tertarik untuk meneliti kegiatan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui realitas Program Pengembangan Pendidikan Agama Islam (PPAI), 2) Mengetahui realitas akhlak siswa di sekolah, dan 3) Merngetahui realitas pengaruh Program Pengembangan Pendidikan Agama Islam (PPAI) terhadap akhlak siswa di sekolah. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran, bahwa salah satu tujuan ajaran agama Islam sebagaimana dengan yang di perintahkan kepada utusan Allah ialah menyempurnakan akhlak, oleh karena itu sangat erat kaitannya antara pendidikan agama Islam dengan akhlak, yang dalam penelitian ini dapat dibatasi pada suatu program pengembangan yang ada di sekolah SMK Bakti Nusantara, yaitu Pengaruh Program Pengembangan Pendidikan Agama Islam (PPAI) untuk suatu perubahan tingkah laku dalam aspek akhlak siswa di sekolah. Dari asumsi tersebut dirumuskan hipotesis, semakin baik Program PPAI, maka semakin baik pula akhlak siswa di sekolah. Sebaliknya semakin buruk Program PPAI, maka semkin buruk pula akhlak siswa di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Cara pengumpulan datanya dengan menyebarkan angket, wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Dalam penelitian ini diambil sample dari kelas X Akuntsi 1 SMK Bakti Nusantara 666 Bandung sebanyak 32 siswa. Analisis data kedua variabel ini dilakukan dengan menggunakan metode statistika. Hasil penelitian menunjukan 1) Realitas Program PPAI berkategori tinggi. Hal ini berdasarkan nilai rata-rata 83,65 yang berada pada interval 80-90. 2) Realitas akhlak siswa di sekolah berkaegori tinggi. Hal ini berdasarkan nilai rata-rata 86,06 yang berada pada interval 80-90. 3) Realitas pengaruh Program PPAI terhadap akhlak siswa di sekolah adalah 15,88%, hal ini menunjukkan bahwasanya variabel x (program PPAI) telah memberikan pengaruh terhadap variabel y (akhlak siswa) sebesar 15,88% dan menunjukkan bahwa 84,12% akhlak siswa yang lain dipengaruhi oleh faktor lain. ENGLISH Based on a preliminary study at SMK Bakti Nusantara 666 Bandung, there are activities related to religion called the Islamic Religious Education Development Program (PPAI). The activity must be followed by all students with hope as a moral guidance for students. Therefore the authors are interested in researching these activities. The purpose of this study was to 1) Know the reality of the Islamic Education Development Program (PPAI), 2) Know the moral reality of students in schools, and 3) Know the reality of the influence of the Islamic Education Development Program (PPAI) on the morals of students in schools. This research is based on the idea that one of the goals of the teachings of Islam as instructed by the messenger of God is to improve morals, therefore it is closely related to Islamic religious education, which in this study can be limited to an existing development program at the Bakti Nusantara Vocational School, namely the Influence of the Islamic Religious Education Development Program (PPAI) for a change in behavior in the moral aspects of students in school. From these assumptions formulated a hypothesis, the better the PPAI Program, the better the morality of students in school. On the contrary, the worse the PPAI Program, the worse the morals of students at school will be. The method used in this research is descriptive method. How to collect data by distributing questionnaires, interviews, observations, and literature studies. In this study a sample of 32 students from SMK Bakti Nusantara 666 Bandung Accounting Class 1 was taken as many as 32 students. Data analysis of these two variables was carried out using statistical methods. The results of the study show that 1) the reality of the PPAI program is in the high category. This is based on an average value of 83.65 at intervals of 80-90. 2) The moral reality of students in high-class schools. This is based on an average value of 86.06 at intervals of 80-90. 3) The reality of the influence of the PPAI Program on the morals of students in schools is 15.88%, this shows that the variable x (PPAI program) has an effect on the variable y (morality of students) of 15.88% and shows that 84.12% morals other students are influenced by other factors.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Pendidikan Agama Islam; Akhlak Siswa; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities General Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nenden Siti Sarifah |
Date Deposited: | 11 Oct 2018 07:22 |
Last Modified: | 22 Aug 2019 01:42 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15193 |
Actions (login required)
View Item |