Hubungan adversity quotient dan religious coping dengan psychological well-being pada mahasiswa ITB aktivis unit Mesjid Salman Kota Bandung

Nurshaumi, Lufiati Asyifa (2018) Hubungan adversity quotient dan religious coping dengan psychological well-being pada mahasiswa ITB aktivis unit Mesjid Salman Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (432kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (736kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (743kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy

Abstract

Perguruan tinggi merupakan instansi yang memberikan sarana pendidikan dengan sistem akademik yang lebih matang dari tingkat pendidikan sebelumnya. Dengan begitu, bobot dan kepadatan perkuliahan serta tuntutan sosial merupakan konsentrasi yang pokok dalam kesehariannya dan menuntut mahasiswa agar mampu memanajerial sumber daya dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara adversity quotient, religious coping dengan psychological well-being pada mahasiswa ITB aktivis unit Mesjid Salman Kota Bandung. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis korelasi linier berganda yang mana adversity quotient dan religious coping merupakan variabel X dan psychological well-being merupakan variabel Y. Penelitian ini menggunakan subjek penelitian seluruh populasi sebanyak 142 orang. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner yang terdiri atas 3 jenis skala, yaitu skala adversity response profile yang menggunakan teori dari Stoltz (2005), skala the brief RCOPE menggunakan teori dari Pargament (2011), dan skala psychological well-being yang disusun berdasarkan teori dari Ryff (1995). Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan adversity quotient dengan psychological well-being. Sedangkan, religious coping tidak memiliki hubungan dengan psychological well-being. Hasil perhitungan korelasi linier berganda memperoleh nilai R sebesar 0.383 yang mana termasuk dalam kategori tingkat korelasi yang rendah. Hasil tersebut menunjukkan terdapat hubungan antara adversity quotient, religious coping dengan psychological well-being pada mahasiswa ITB aktivis unit Mesjid Salman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Adversity Quotient; Religious Coping; Psychological Well-Being
Subjects: Psychology > Education of Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Lutfiati Asyifa Nurshaumi
Date Deposited: 09 Oct 2018 06:20
Last Modified: 09 Oct 2018 06:20
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15211

Actions (login required)

View Item View Item