Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam BersertifikasiPada SMA/SMK Di Jawa Barat

Ulfiah, Ulfiah (2016) Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam BersertifikasiPada SMA/SMK Di Jawa Barat. BIdang PAI, Kanwil Kementerian Agama Jawa Barat.

[img]
Preview
Text
Penelitian_Kompetensi_Guru_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh asumsi bahwa guru PAI bersertifikasi memiliki kompetensi yang lebih bagus dari pada guru PAI yang belum bersertifikasi. Riset evaluatif mengenai hal ini dalam konteks Jawa Barat perlu dilakukan. Kajian tentang dampak sertifikasi guru terhadap kompetensi per¬lu terus dilakukan, khususnya terkait dengan kompetensi guru PAI di sekolah dikaitkan dengan sertifikasi. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Menganalisis realitas kompetensi pedagogik GPAI pada SMA/SMK di Jawa Barat; 2) Menganalisis realitas kompetensi sosial GPAI pada SMA/SMK di Jawa Barat; 3) Menganalisis realitas kompetensi kepribadian GPAI pada SMA/SMK di Jawa Barat; 4) Menganalisis realitas kompetensi profesional GPAI pada SMA/SMK di Jawa Barat. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data penelitian adalah guru PAI, kepala sekolah, pengawas PAI, dan teman sejawat. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, instrumen daftar ceklist, dan dokumentasi. Kesimpulan penelitian adalah sebagai berikut: 1) Kompetensi pedagogik guru PAI SMA/SMK di Jawa Barat berada pada kategori baik dengan indeks 83.4%; 2) Kompetensi kepribadian guru PAI SMA/SMK di Jawa Barat berada pada kategori baik dengan indeks 84.3%; 3) Kompetensi sosial guru PAI SMA/SMK di Jawa Barat berada pada kategori baik dengan indeks 82.5%; 4) Kompetensi profesional guru PAI SMA/SMK di Jawa Barat terutama pada publikasi karya tulis ilmiah berada pada kategori sangat rendah dengan indeks 5.4%. Ini dapat dilihat dari minimnya dokumen-dokumen yang dimiliki oleh guru seperti buku penunjang pembelajaran yang sedikit sekali dimiliki oleh guru, kurangnya modul yang dibuat, tidak adanya hasil riset, bentuk reflektif (PTK), memiliki kemampuan yang sangat rendah dalam menerapkan teknologi informasi dalam membantu mencari informasi dalam mendukung proses pembelajaran.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Kemampuan guru
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Mr. Jajang Burhanudin
Date Deposited: 09 Oct 2018 06:55
Last Modified: 09 Oct 2018 08:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15221

Actions (login required)

View Item View Item