Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe listening team untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa pada materi aritmatika sosial: penelitian tindakan kelas pada siswa kelas VII SMP Plus Al-Ma’shum Cianjur

Utami, Nurul Wahyu (2018) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe listening team untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa pada materi aritmatika sosial: penelitian tindakan kelas pada siswa kelas VII SMP Plus Al-Ma’shum Cianjur. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1 Cover.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2 Abstrak.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3 Daftar Isi.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4 BAB 1.pdf

Download (443kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMP Plus Al-Mashum Cianjur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Metode Listening Team terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Data yang diperoleh menggunakan instrumen penelitian berupa instrumen tes yaitu tes siklus 1 dan siklus 2, dan instrumen nontes yaitu lembar observasi siswa, lembar observasi guru dan skala sikap. Setelah dilaksanakan observasi, kemudian data dikaji dan dianalisis. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh: (a) Dengan menggunakan Metode Listening Team gambaran aktivitas guru dan siswa pada siklus 1 mengalami peningkatan disetiap tindakannya dan rata-rata kemampuan penalaran matematis siswa di siklus satu yaitu 56,9. (b) Dengan menggunakan Metode Listening Team gambaran aktivitas guru dan siswa di siklus 2 mengalami peningkatan di setiap tindakannya, sehingga terjadi peningkatan aktivitas guru dan siswa dari siklus 1 ke siklus 2 dan rata-rata kemampuan penalaran matematis siswa di siklus 2 yaitu 73,1 maka penalaran matematis siswa mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 16,2. (c) Siswa memberikan sikap positif terhadap pembelajaran matematika dengan menerapkan Metode Listening Team.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Arithmetics > Arithmetic Combined with Other Brances
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Wahyu Utami
Date Deposited: 09 Oct 2018 08:48
Last Modified: 09 Oct 2018 08:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15247

Actions (login required)

View Item View Item