Lestari, Mutia (2018) Kesulitan siswa dalam baca tulis Al-Quran hubungannya dengan motivasi mereka mengikuti mata pelajaran pendidikan agama Islam: Penelitian kelas VII SMP Laboratorium Percontohan UPI Kampus Cibiru. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (460kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (460kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) | Request a copy |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Download (164kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dari adanya kesenjangan tentang tanggapan siswa terhadap kesulitan dalam baca tulis Al-Quran dengan motivasi mereka. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan, kenyataannya masih banyak siswa yang kurang dalam baca tulis Al-Quran seperti belum fasih dalam melafalkan huruf-huruf hijaiyah dan kurang menguasai ilmu tajwid padahal antusias siswa dalam mengikuti pelajaran PAI cukup tinggi bila dilihat dari segi kehadirannya dan siswa juga merespon baik pelatihan-pelatihan khusus bagi siswa yang kurang dalam baca tulis Al-Qurannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Realitas kesulitan siswa dalam baca tulis Al-Quran; (2) Realitas motivasi mereka dalam mengikuti mata pelajaran Pendidikan Agama Islam; (3) Realitas hubungan kesulitan dalam baca tuilis Al-Quran dengan motivasi mereka mengikuti mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini didasarkan dari pemikiran bahwa motivasi siswa adalah sebagai suatu proses yang menentukan tingkatan kegiatan, intensitas, konsistensi serta arah umum dari tingkah laku manusia. Oleh sebab itu, hipotesis yang diajukan adalah semakin tinggi tingkat kesulitan siswa dalam membaca tulis Al-Quran maka semakin rendah motivasi mereka dalam mengikuti mata pelajaran PAI. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan. (1) Kesulitan siswa dalam baca tulis Al-Quran (variable X) diperoleh 4,14 nilai tersebut kualifikasi positif. (2) Motivasi mereka mengikuti mata pelajaran pendidikan agama islam (variable Y) diperoleh 3,31 nilai tersebut kualifikasi positif. (3) Realitas antara kesulitan siswa dalam baca tulis Al-Quran hubungannya dengan motivasi mereka mengikuti mata pelajaran pendidikan agama Islam ditunjukkan oleh angka koefisien 0,4, termasuk korelasi sedang. Berdasarkan pengujian hipotesis, diperoleh t hitung lebih kecil dari t tabel yaitu th (2,30) < tt (26,6) dengan tarif signifikan 5% artinya hipotesis ditolak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan Belajar; motivasi; siswa; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Religious Schools Educational Institutions, Schools and Their Activities > Special Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | mutia lestari |
Date Deposited: | 10 Oct 2018 07:55 |
Last Modified: | 10 Oct 2018 07:55 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15261 |
Actions (login required)
View Item |